KEMBANGKAN PELAKU: Petugas meminta keterangan dari Turini, saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, kemarin. (Adityo.dwi@radarsemarang.com)
KEMBANGKAN PELAKU: Petugas meminta keterangan dari Turini, saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, kemarin. (Adityo.dwi@radarsemarang.com)

SEMARANG – Seorang pembantu rumah tangga (PRT) bernama Turini, 42, warga Pucang Agung, Kabupaten Purworejo, diamankan petugas Polsek Ngaliyan, setelah ketahuan mencuri harta benda di rumah majikannya senilai puluhan juta.

Turini ditangkap di daerah Mataram, pada Jumat (13/1) lalu. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa bukti transfer dan surat gadai perhiasan.

Turini mengakui telah mencuri harta benda milik mijakanya bernama Peni, 58, beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Ngaliyan. Pencurian ini terjadi dalam kurun waktu bulan November hingga Desember 2016 silam.  “Saya ambil perhiasan emas secara bertahap, tidak sekaligus,” ungkapnya saat digelandang di Mapolrestabes Semarang, Kamis (19/1) kemarin.

Pelaku telah bekerja di tempat korban selama tiga tahun. Sehingga dia sangat hafal situasi termasuk tempat penyimpanan barang berharga di rumah tersebut. “Setelah ngambil, saya jual dan gadaikan, yang gadaikan teman saya. Saya dikasih uang kadang Rp 2 juta, kadang Rp 2,5 juta. Uangnya buat mencukupi kebutuhan sehari-hari dan transfer pacar saya,” aku janda tiga anak itu.

Setelah puas menguras perhiasan milik majikanya tersebut, tersangka terus pindah tempat kerja. Bahkan, sang majikan tidak mengetahui perbuatan pelaku.
“Keluar saya juga pamit. Disitu saya digaji Rp 1,7 juta. Terus pindah di kerja di daerah Mataram, merawat orang jompo,” ujarnya.

Kanit Reskrim Polsek Ngaliyan AKP Bahrin mengatakan pelaku melakukan pencurian sejak bulan November sampai Desember. Total kerugian korban ditaksir mencapai puluhan juta. “Total perhiasan Rp 39 juta. Pelaku juga mengambil uang tunai mencapai Rp 7 juta,” katanya.Pihaknya menduga ada keterlibatan orang lain dalam aksi yang dilakukan tersangka. Saat tini polisi masih melakukan penyelidikan. (mha/zal)