SEMARANG – Akhir tahun lalu dan awal tahun seperti sekarang ini, kegiatan ibadah umrah mengalami peningkatan. Biro umrah-pun semakin sibuk melayani jamaah.

Arbani Umrah Tour & Travel misalnya, pada bulan Desember lalu memberangkatkan jamaah umrah hingga enam kali jadwal keberangkatan, dengan rata-rata 50 sampai 60 orang setiap kali pemberangkatan. Dibanding pada pada bulan-bulan lain, Desember lalu mengalami peningkatan lebih dari 100 persen.

Bayu Jalar Prayogo Direktur Arbani Umrah Tour & Travel mengatakan, untuk Januari ini ada 9 kali keberangkatan. Tak sedikit pesertanya adalah jamaah umrah yang gagal berangkat dengan salah satu biro umrah bermasalah di kota Semarang beberapa waktu lalu. “Saya mengimbau kepada calon jamaah umrah untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam menentukan pilihan biro umrah. Jangan tergiur harga murah yang tidak rasional,” tambah Bayu.

Bayu menambahkan, Paket umrah landing Madinah banyak diminati saat ini, selain lebih hemat waktu dan tenaga, tarifnya juga masih terjangkau. Dengan mengeluarkan biaya kisaran Rp 25 jutaan jamaah akan memperoleh banyak fasilitas, antara lain gratis seragam dan perlengkapan, gratis vaksin dan passport serta airport handling. Selain itu mendapatkan fasilitas hotel setaraf bintang 4, yang berlokasi dekat dengan masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makah. Fasilitas lain adalah jamaah akan mendapatkan ibadah inti umrah sebanyak dua kali. Sedangkan waktu yang disediakan 10-11 hari plus perjalanan pulang-pergi.

Biro yang beralamat di jalan Pamularsih Raya 104 ini juga menyediakan paket umrah plus Dubai dan Turki untuk bulan Februari dan Maret mendatang. Selain paket-paket tersebut, Arbani juga menyediakan paket umrah plus city tour Singapura. “Umrah plus city tour Singapura mendapat respon positif. Banyak jamaah yang menginginkan umrah sekaligus wisata di negeri Singa dengan biaya lebih murah dibanding ikut paket tour Singapura dengan biaya sendiri,” tutup Bayu. (gie/smu)