Perusahaan Pakan Ternak Terima Jagung Lokal

4318

BATANG-Memproduksi 240.000 ton pakan ternak selama setahun, PT CJ Chiel Jedang Feed Semarang yang berlokasi di Desa Surodadi Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, kini siap mengakomodasi hasil pertanian jagung lokal. Hal tersebut ditegaskan pengelola pabrik saat ada kunjungan anggota Komisi DPRD Jawa Tengah, Selasa (17/1) kemarin.

Perwakilan PT CJ Chiel Jedang Feed Semarang, Totok Yulianto mengatakan bahwa perusahaannya yang bergerak di bidang produk pakan ternak merupakan perusahaan multi internasional yang berpusat di Korea Selatan. “Berdirinya pabrik ini di Batang atau Jawa Tengah, tentunya untuk mendekatkan diri ke konsumen. Selain itu, agar cost lebih terjangkau sehingga kami berdiri disini,” jelasnya.

Selain itu, kehadirannya juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar melalui kesempatan kerja dan kesempatan berusaha. Dengam total investasi kurang lebih US $ 50 juta dalam setahun, pabrik mampu memproduksi 240.000 ton pakan ternak ayam seperti breeder, broiler, layer dan perikanan.  Adapun bahan baku produksinya 50 persen jagung, bungkil kopra, katul, dan tepung batu. Sisanya 28 persen, Soy Bean Mill (bubuk kedelai) impor dari Argetina.

“Untuk bahan baku jagung, katul dan tepung batu, kami harapkan dapat pasokan dari petani lokal di Kabupaten Batang khususnya. Karena itu, kami akan menampung semua hasil panennya,” ucapnya di hadapan 8 anggota DPRD Komisi B Jateng.

Kehadiran PT CJ Chiel Jedang di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Batang, diharapkan bisa turut meningkatkan ekonomi dan kemudahan bagi peternak dan petambak. Salah satunya, petani jagung.

Hal tersebut, sudah mulai dirintis dengan bertemu 450 anggota KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) yang difasilitasi oleh Bupati Batang beberapa waktu lalu. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengelola mesin pengering di Sambong, agar jagung sebelum masuk pabrik bisa sesuai spek yang dibutuhkan.
Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah, Yudi Sancoyo mengaku bahwa kunjungan kerja tersebut dalam rangka melakukan monitoring ke PT CJ Chiel Jedang sebagai produsen pakan ternak di wilayahnya. “Kami sebagai wakil rakyat yang setiap tahunnya menerima keluhan terkait kurangnya pasokan pakan ternak dan tingginya harga. Sehingga sering menjadi penyebab inflasi, karena hasil produksinya menjadi mahal di pasaran,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berharap kehadirannya dapat memberikan solusi kubutuhan pakan ternak serta mendekatkan konsumen. Sehingga kebutuhan pakan ternak dapat tercukupi. Bahkan, komisinya mengapresiasi PT CJ Cheil Jedang, bisa menerima pasokan petani jagung di wilayah Batang. Sehingga dapat mensejahterakaan petani Batang. “Selain itu, ke depan bisa memenuhi kebutuhan pakan ternak yang di wilayah Kabupaten Batang dan Jawa Tengah pada umumnya, dengan harga kompetitif,” katanya. (han/ida)