Polisi Bekuk Pengedar Sabu dan Pil Koplo

Dikendalikan dari LP Kedungpane

1007

DEMAK-Petugas Satnarkoba Polres Demak berhasil menangkap pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Sejumlah pelaku tersebut adalah Gunarto, 28, warga Desa Karangroto, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Kemudian, Jumaidi, 33, warga Asrama Soponyono, Kelurahan Tanjungemas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang dan Susanto, 31, warga Kampung Margorejo Timur, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. Selain itu, polisi juga menangkap pengedar pil koplo Riklona, Ari Susanto, 30, warga Jalan Sriwibowo VIII RT 1 RW 3, Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Kapolres Demak, AKBP Sonny Irawan mengatakan bahwa penangkapan tersangka Gunarto berawal dari informasi yang diterima kepolisian bahwa di Desa Babadan, Kecamatan Saung, tepatnya di depan warung dekat dengan jembatan pinggir jalan raya usai salat maghrib akan ada transaksi pengiriman narkoba jenis sabu-sabu. Pelaku diidentifikasi dengan nama panggilan Gundul alias Gunarto tersebut.

Hingga akhirnya, muncul orang tersebut mondar mandir dengan sikap mencurigakan seperti mencari seseorang. Tak lama, petugas langsung mengamankan pelaku yang tampak ketakutan. Setelah digeledah di saku jaketnya ditemukan sebungkus bekas rokok Djarum 76 yang di dalamnya terdapat plastik klip kecil berisi serbuk kristal berupa sabu.

Petugas juga mengamankan sabu lainnya disaku celana sebelah kiri serta menyita HP milik pelaku. Di tempat terpisah, polisi juga menangkap Jumaidi pelaku lainnya. Polisi sebelumnya menerima informasi bahwa di Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung di sekitar depan pabrik kopi akan ada transaksi pengiriman narkoba sabu oleh dua orang lelaki dengan mengendarai Yamaha Mio warna putih dengan nopol H 5394 CS. Pengendara berhenti di depan warung di Desa Sidogemah. Namun, setelah didekati, mereka melarikan diri dan berhasil ditangkap.

Jumaidi dan temannya Susanto, 31, warga Kemijen, Semarang Timurpun langsung diamankan. Saat motor mereka digeledah di dalam dashboard ditemukan 2 bungkus permen Happydent. Setelah dibuka, di dalamnya terdapat bungkus plastik klip kecil berisi serbuk kristal sabu. Tidak hanya itu, dalam perkembangannya, polisi juga mengamankan empat bungkus permen Happydent berisi sabu yang disimpan di dalam sepatu warna coklat di dalam kamar tidur pelaku. Sabu juga ada dalam gulungan lakban warna hitam. HP pelaku juga diamankan.

Di lain lokasi, petugas mengamankan Ari Susanto, tersangka pengedar pil koplo jenis Riklona. Tersangka dibekuk petugas dari Polsek Karangawen setelah yang bersangkutan mengalami kecelakaan lalulintas. Setelah dilakukan pemeriksaan, di dalam tas pelaku warna hitam merk Polo ditemukan obat-obatan terlarang berupa 10 butir pil riklona, 10 butir pil warna kuning dan barang bukti lainnya. BB lain yang diamankan adalah motor Honda Vario pelaku Nopol H 3873 ADW warna putih. “Untuk sabu-sabu, ada yang dikendalikan dari LP Kedungpane,” ujar Kapolres AKBP Sonny Irawan didampingi Kabagops Kompol Sutomo, Kasubag Humas AKP Sumanah dan Kasatnarkoba AKP Sigit Pasona, kemarin.

Menurutnya, untuk pelaku narkoba dijerat dengan pasal 112 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Sedangkan, pengedar pil koplo dikenai pasal 108 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. (hib/ida)