Dewan Pastikan Raperda Logo Tak Molor

382

PEKALONGAN-Sempat alot dalam rapat pembagian pembahasan rencana peraturan daerah (Raperda) beberapa waktu lalu, akhirnya Raperda Logo diputuskan akan dibahas pada rapat kwartal I antara Januari hingga April mendatang. Dengan persyaratan naskah akademik (NA) sudah siap dipertanggungjawabkan.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Pekalongan, Mofid menyatakan bahwa kesiapan naskah akademik menjadi hal utama lataran menjadi dasar pertanggungjawaban DPRD kepada masyarakat. Ia sempat menyarankan, jika naskah akademik belum siap, maka pembahasan raperda tersebut diundur ke kwartal II.

Sebelumnya, Raperda Logo yang bermaksud untuk mengembalikan logo Kota Pekalongan yang lama, gagal dibahas pada tahun 2016 lalu. Lantaran naskah akademik belum siap. Bahkan raperda yang awalnya adalah raperda inisiatif, kini diserahkan kepada eksekutif.

Terpisah, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan, Susilo, menyampaikan bahwa sampai saat ini naskah akademik untuk pembahasan Raperda Logo baru akan dibahas dengan timnya minggu depan.

“Hari Selasa ini, kami akan rapat. Seperti hal-hal teknis apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan naskah akademik. Termasuk menentukan perguruan tinggi mana yang akan dipercaya untuk membuat naskah akademik ini,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa untuk mengejar masa sidang kwartal I ini, pembahasan nasakah akademik akan dikebut dengan waktu 2 bulan harus sudah selesai. “Kami akan maraton agar target bisa dicapai,” cetusnya.

Selain Raperda Logo, eksekutif mengajukan lima raperda lain untuk dibahas di kwartal I yakni Raperda Penyertaan Modal Pemda untuk PDAM, Raperda Retribusi Pelayanan Persampahan dan Kebersihan, Raperda Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Pemukiman Kumuh, Raperda perubahan Perda nomor 11 tahun 2011 tentang Pajak Hiburan dan Raperda Perubahan Perda tentang Pajak Air Tanah. (tin/ida)