SEMARANG – Jateng mewakilkan tiga sprinter muda di tim Pelatnas Indonesia yang akan dipersiapkan menghadapi SEA Games Malaysia 2017. Ketiganya adalah Ahmad Aslan, Liviana Rizki dan Fabiola Francelia.

“Di Pelatnas ada sekitar 29 atlet yang dipersiapkan untuk turun di SEA Games. Ya mudah-mudahan Jateng bisa mewakilkan atlet untuk turun di SEA Games Malaysia,” terang Ketua Harian PASI Jateng, Rumini.

Namun jumlah tersebut kata Rumini kemungkinan masih bisa bertambah mengingat beberapa atlet Jateng seperti peraih emas PON Jabar di nomor tolak peluru, Kresna Wahyu yang juga langganan Pelatnas belum mendapatkan panggilan.

Selain untuk SEA Games, Rumini menambahkan, saat ini juga ada program Pelatnas untuk beberapa kejuar Internasional salah satunya Asian Games 2018 mendatang dimana Indonesia bakal didaulat menjadi tuan rumah.

“Jadi ada sekitar 17 atlet lagi yang kami kirimkan ke Pelatnas yang disiapkan untuk beberapa kejuaraan Internasional, termasuk SEA Games juga masih ada seleksi lagi,” lanjut Rumini dihubungi kemarin.

Lebih lanjut Rumini mengatakan, selama ini kendala Jateng dalam mengirimkan wakil atlet mereka ke Pelatnas justru datang dari atlet itu sendiri termasuk dalam proses pemanggilan atlet proyeksi SEA Games 2017.“Jadi kendalanya tidak smeua atlet mau untuk bergabung di Pelatnas karena rata-rata atlet kami yang dipanggil masih berstatus sebagai pelajar,” sambungnya.

Pihaknya mngakui, program Pelatnas ini sangat penting untuk kemajuan atlet-atlet muda Jateng terutama dalam proses regenerasi untuk menyiapkan diri menghadapi ajang PON Papua 2020 mendatang.

“Di PON Jabar kemarin prestasi kami sedikit kurang maksimal karena perginya beberapa atlet Nasional ke daerah lain. Nah makanya kami saat ini terus berusaha menggenjot regenerasi salah satunya dengan terus mengirimkan atlet ke Pelatnas,” pungkasnya. (bas/smu)