Satpol PP Tertibkan PKL Alun Alun

397

DEMAK-Petugas Satpol PP Pemkab Demak kemarin malam menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Alun Alun Kota Demak. Penertiban ini dilakukan agar wilayah depan Masjid Agung Demak ini tetap steril dari pedagang. Tujuannya supaya kingkungan fasilitas publik itu tetap bersih.

Kasatpol PP Bambang Saptoro mengatakan, penertiban diperlukan supaya kawasan tersebut aman dan nyaman. “Kita jaga bersama agar tetap nyaman,” jelasnya.

Menurutnya, penertiban dipimpin langsung Kasiops pengendali Sardi Tiong. Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Lilik Handoyo menambahkan, penertiban PKL di Alun Alun tersebut menjadi prioritas utama Satpol PP. Selain itu adalah menertibkan kawasan pasar Bintoro. “Jadi ini target utama yang ditangani,” ujarnya.

Menurutnya, sejak petugas Satpol ditarik dari pos penjagaan didepan masjid, PKL justru bermunculan lagi. Karena itu sebelum berkembang lagi maka perlu ditertibkan. “Kita lakukan upaya preventif dengan cara diingatkan agar tidak berjualan di kawasan larangan tersebut. Setidaknya ada 8 PKL yang diingatkan,” katanya.

Lilik mengatakan, patroli akan digiatkan. Khusus untuk menertibkan depan Pasar Bintoro, personel Satpol pagi hari sudah standby turut mengatur kelancaran arus lalu lintas. Sebab, kawasan ini kerap macet akibat pedagang yang meluber di tepi jalan raya. “Kita kerjasama dengan Dinas Perdagangan,” katanya. Lilik mengatakan, dengan keterbatasan personel, Satpol tetap berupaya menjaga¬†¬† ketertiban agar suasana tetap aman dan nyaman. (hib/zal)