PTN-BH Harus Masuk 500 PT Dunia

367

SEMARANG – Perguruan tinggi negeri (PTN) yang sudah berbadan hukum (PTN-BH), diharapkan mampu masuk 500 besar perguruan tinggi di dunia. Hal ini sesuai arahan dari Menristek Dikti M. Nasir yang akan mengevaluasi PTN-BH jika tak mampu mencapainya, dan akan menurunkan status PTN, atau turun grade.

”Status PTN-BH ini membuat PTN diberi kepercayaan untuk mandiri baik dengan otonomi akademik ataupun otonomi akademiknya mandiri. Jadi harus bisa (tembus 500 besar PT dunia),” kata M. Nasir usai launching Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sebagai PTN-BH.

Agar menjadi kampus berkelas dan mampu bersaing di tingkat dunia, perguruan tinggi wajib meningkatkan publikasi internasional untuk penelitian yang dilakukan, meningkatkan jumlah mahasiswa asing, dan staff mobility yang makin meningkat.

”Saat ini ada tujuh PTN yang telah memperoleh status PTN-BH. Yakni USU, IPB, UI, ITB, UGM, UPI Bandung, dan Unair Surabaya,” jelasnya.

Natsir menambahkan PTN-BH akan dievaluasi apakah statusnya tetap atau diturunkan seperti semula. Yakni menjadi universitas milik pemerintah. Rencananya evaluasi akan dilakukan setiap 5 tahun untuk menjaga kredibilitas bagi PTN yang sudah menyandang status mandiri tersebut. ”Kalau reputasinya tidak baik, berarti tidak layak. Saya berharap untuk PTN yang sudah menjadi PTN-BH ini harus dapat melakukan inovasi, penelitian dan publikasi internasional,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menyampaikan, dengan berubah status menjadi PTN-BH, Undip secara resmi menjalankan kelembagaan dengan struktur baru yang berdasarkan Peraturan Pemerintah No 81 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah RI No 52 tahun 2015.

”Sebelumnya Undip telah melakukan berbagai persiapan seperti pembentukan dan penataan kelembagaan, regulasi serta yang utama, upaya untuk mengubah budaya kerja seluruh civitas akademika di dalam penyelenggaraan PTN-BH,” ungkapnya. Yos berkomitmen Undip akan terus meningkatkan prestasi dalam skala global demi terwujudnya impian sebagai world class university. (den/ric/ce1)