SEMARANG – Head coach PSIS, Subangkit mengaku tidak ambil pusing soal rencana aturan pembatasan usia yang akan diterapkan di kompetisi Divisi Utama 2017 dimana tim-tim kontestan kompetisi kasta kedua hanya dibolehkan menggunakan pemain dengan usia maksimal 25 tahun dan hanya boleh merekrut lima pemain yang berusia 25 tahun keatas.

“Justru ini sudah saatnya bagi pemain-pemain muda untuk mulai turun di kompetisi profesional. Tim-tim besar Eropa saja sudah berani memberi kesempatan kepada pemain-pemain berusia 17 tahun untuk tampil,” beber Subangkit.

Apalagi lanjut Subangkit visi tim berjuluk Mahesa Jenar musim ini juga akan banyak menggunakan pemain-pemain muda untuk bertarung memperebutkan tiket promosi ke kompetisi kasta tertinggi musim depan.

Dari 12 pemain yang saat ini telah direkrut oleh PSIS, hanya ada tiga nama yaitu Johan Yoga Utama, Hari Nur Yulianto serta M Yunus yang berusia diatas 25 tahun. Sisanya adalah pemain-pemain muda dibawah 25 tahun.

“Berarti masih ada sisa kuota dua pemain di atas 25 tahun. Rencana kami satu pemain diantaranya adalah untuk pos penjaga gawang karena kami masih butuh satu lagi penjaga gawang,” sambung Subangkit.

Terkait dengan aturan tersebut, Direktur Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho ditemui di tempat yang sama di Stadion Jatidiri Semarang kemarin berharap operator kompetisi bisa segera menelurkan manual liga sebagai panduan regulasi gbagi tim-tim peserta.

Karena meskipun aturan mengenai pembatasan usia telah disepakati di kongres, bukan tidak mungkin dalam perjalananya mengalami perubahan sebelum ditetapkan menjadi manual liga resmi yang dikeluarkan oleh operator.

“Karena dengan segera dikeluarkanya aturan otomatis tim-tim termasuk PSIS juga akan semakin mantab untuk melangkah. Apalagi kaitanya dengan perekrutan pemain. Dengan adanya regulasi pembatasan usia kami juga harus hati-hati menentukan pemain yang akan direkrut,” terangnya.

Sementara Sore (9/1) kemarin, PSIS mulai menggelar seleksi terhadap pemain-pemain binaan 25 klub anggota Askot PSSI Semarang. Tak tanggung-tanggung sebanyak 48 pemain berusaha menunjukkan kemampuan terbaik mereka di hadapan tim pelatih.

Coach Subangkit rencananya akan melakukan seleksi terhadap pemain-pemain muda yang mayoritas berasal dari Kota Semarang itu hingga Hari (10/1) ini dan akan menentukan pemain-pemain yang akan bergabung bersama tim Mahesa Jenar musim ini. (bas)