KENDAL—Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah mewah milik pasangan suami istri Masrokhim dan Siti Nuriyah di Desa Tambakrejo, Patebon, terbakar. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kerugain tinggi lantaran tidak ada satupun barang yang mampu diselamatkan. Sebab saat sang empunya rumah berikut keluarganya sedang pergi. “Rumah kosong karena suami istri dan anak-anak pergi semua,“ kata Muntari, 60, tetangga korbam.

Kebakaran diketahui setelah api membesar dan tampak kepulan asap dari atap rumah milik Masrokhim. Ia pun merasakan panas yang mendadak di sekitaran rumahnya yang kebetulan berdekatan.

“Warga yang tahu langsung berteriak kebakaran dan minta tolong. Warga lain kemudian datang berduyun-duyun berusaha memadamkan api dengan alat seadanya secara berantai, warga mengangkut air dan menyiramankannya pada rumah yang terbakar,” jelasnya.

Namun, kerena api besar warga tak mampu menjinakkan si jago merah. Akhirnya salah satu warga menelpon pemadam kebarakan. “Jadi saat didobrak pintunya, api sudah membesar, saya ikut teriak memanggil warga soalnya keadaan kampung sepi, pemilik rumah juga masih kerja,” paparnya.

Muhtadin salah seorang petugas pemadam kebakaran menjelaskan, saat itu dua mobil pemadam kebakaran datang di lokasi. Butuh waktu tiga puluh menit untuk dua mobil pemadam itu memadamkan api. “Keadaan rumah sudah hangus,” kata Muhtadin.

Kapolsek patebon AKP Munasir yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Namun untuk kerugian dan penyebab kebarakan masih dalam pendalaman petugas. “Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah, sedangkan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” kata kapolsek. (bud/ida)