PLN Bentuk Tim Jaka Tingkir

211

SEMARANG – PT PLN Distribusi Jawa Tengah – DIY (PLN DJTY) dalam menjaga kehandalan listrik di Jawa Tengah – DIJ, membentuk dan menerjunkan 12 pasukan khusus “Jaka Tingkir” (Jaga Keandalan Tingkatkan Kualitas dan Intergitas Resources) yang terdiri dari 60 orang. Pasukan Jaka Tingkir terdiri dari pegawai PLN Area dan Rayon yang sudah terlatih dan siap bergerak untuk bertanggungjawab atas keandalan jaringan sesuai dengan SOP manajemen di bawah Komando Manajer Area dan General Manager.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Nasri Sebayang, Senin (9/1) mengatakan pembentukan pasukan khusus ini dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Pasukan Jaka Tingkir ini dibentuk dengan tujuan mewujudkan jaringan distribusi yang andal sesuai visi PLN DJTY yaitu PLN DJTY Hebat.

Pada masa awal terbentuknya, satu regu hanya terdiri dari 5 orang hingga sampai saat ini telah terdaftar menjadi 60 orang dan telah memenuhi sertifikasi sebagai pasukan Jaka Tingkir. Di samping Pasukan Jaka Tingkir, PLN DJTY juga mempunyai pasukan PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan) yaitu pasukan PLN yang bekerja memelihara jaringan tanpa perlu pemadaman listrik.

Pasukan PDKB dibagi menjadi PDKB metode berjarak dengan keselurahan personil 89 orang yang terbagi dalam 12 Tim dan PDKB Sentuh Langsung dengan metode Rubber Glove yang berada di Area Semarang 2 regu, Kudus 1 regu, Pekalongan 1 regu, Tegal 1 regu, Purwokerto 1 regu, Cilacap 1 regu, Yogyakarta 1 regu, Magelang 1 regu, Salatiga 1 regu, Klaten 1 regu, dan Surakarta 1 regu. PDKB Sentuh Langsung dalam pekerjaannya lebih cepat dibanding dengan PDKB dengan metode berjarak dan pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan disamping waktu lebih cepat personil juga lebih sedikit.

Selain itu, PDKB juga telah didukung dengan peralatan penunjang mobil PDKB Sentuh Langsung. “Kendaraan PDKB Sentuh Langsung yg kami miliki ada 2 model, yaitu Model Articulating dan Model Teleskopic,” jelasnya.

Mobil dengan Model Articulating dan peralatannya sudah tersedia dengan peruntukan Area Semarang dan Area Surakarta. Sedangkan mobil Model Teleskopic akan tersedia bulan April 2017 dengan peruntukan Area Yogya dan Area Kudus.

Adanya Pasukan Jaka Tingkir dan mobil PDKB Sentuh Langsung, PLN berharap bisa meningkatkan kinerja dan pelayanannya bagi masyarakat dan pelanggan dengan mengurangi pemadaman akibat pemeliharaan terencana. “Rencana ke depan seluruh Area akan memiliki 2 regu PDKB berjarak dan Sentuh Langsung supaya pelayanan PLN akan semakin optimal bagi masyarakat,” tambahnya. (tya/smu)