Banyak Pengaduan Masyarakat

303

BATANG–Pelayanan publik yang diberikan pemerintah masih banyak kekurangannya. Terbukti, banyaknya jumlah pengaduan masyarakat terkait pelayanan selama tahun 2016. Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) mencatat ada sekitar 160 pengaduan.

“Alhamdulillah, dari sekian banyak pengaduan masyarakat yang kami terima, hampir 95 persen dapat kami selesaikan sekitar 150-an,” ujar Ketua UPKP2 Batang, Abdul Wahid.

Diharapkan ke depan, keberadaan UPKP2 bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama, jika ada pelayanan publik yang tidak semestinya bisa langsung dilaporkan. Sehingga pelayanan pemerintah terhadap masyarakat Kabupaten Batang menjadi lebih baik.

Koordinator Divisi Informasi dan Publikasi UPKP2, Muhammad Imron menyampaikan bahwa pengaduan tidak hanya datang dari masyarakat Batang, tetapi juga dari daerah lain. Cukup banyak pengaduan masyarakat dari luar Kabupaten Batang yang masuk ke UPKP2, terutama melalui media online. Artinya keberadaan lembaga seperti ini cukup dibutuhkan masyarakat. “Pengaduan yang masuk ke UPKP2 bersifat variatif. Seperti bidang infrastruktur, kesehatan, pemerintah desa dan kesejathteraan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Kajian dan Pengembangan, Fatchurrozak Fazani menuturkan bahwa ada tren yang berbeda pada pengaduan bidang pendidikan, administrasi kependudukan dan perizinan yang cenderung menurun dibandingkan tahun sebelumnya. “Peningkatan pelayanan publik substansinya adalah pekerjaan bersama antara pemerintah dan masyarakat. UPKP2 hanya menjadi kanal, tetapi komitmen bersama yang harus terus ditingkatkan,” tuturnya. (mg20/ida)