Akan Dibangun Dua Waduk

537

DEMAK-Pemerintah pusat akan membangun dua waduk di wilayah selatan Kabupaten Demak. Yakni, Waduk Jragung dan Waduk Banyumeneng.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Joko Sutanto, kemarin. Menurutnya, Pemkab Demak sebelumnya telah mengusulkan ke pemerintah terkait pembangunan waduk tersebut. “Detail Engineering Design (DED) dan Amdalnya sudah selesai. Untuk proses itu saja, anggarannya Rp 3,5 miliar,” katanya.

Wabup Joko mengatakan bahwa waduk yang akan dibangun tidak sebesar Waduk Kedungombo atau Jatiluhur. Namun, waduk yang dibangun itu diperkirakan hanya sebesar Waduk Jatibarang Goa Kreo, Semarang. “Fungsinya untuk mengendalikan banjir, cadangan air baku serta mengaliri persawahan,” katanya.

Untuk Waduk Jragung sedianya dibangun di wilayah Kabupaten Semarang. Meski sempat diprotes oleh kabupaten tetangga tersebut, namun pembangunan waduk tetap akan dijalankan.

“Kabupaten Semarang sempat keberatan dengan upaya pembangunan waduk ini. Katanya yang enak Demak. Padahal, waduk itu berada di tanah Perhutani sehingga tidak perlu memindahkan warga,” ujar Wabup Joko. (hib/ida)