Tergiur Uang Rp 8 M, Duit Rp 215 Juta Raib

3532

SLEMAN—Kasus penipuan bermodus bisa menggandakan uang lagi-lagi terjadi di Tanah Air. Kali ini di Sleman. Korbannya, warga setempat, berinisial S.

S kehilangan duit dolar Amerikanya atau yang jika dikurskan sebesar Rp 215 juta. Ia termakan bujuk rayu SN alias Joko, 46. Oleh Joko, S dijanjikan uangnya bisa digandakan menjadi Rp 8 miliar.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Sepuh Siregar mengungkap, pelaku telah diamankan berikut barang bukti berupa uang. “Dari tangan tersangka, kami berhasil menyita uang sebesar 11 ribu dolar Amerika, sedangkan sisanya sudah habis untuk foya-foya.”

Sepuh membeber kronologi kejadian. Kasus ini bermula ketika pelaku mendatangi rumah korban di Desa Triharjo, Sleman pada pertengahan Desember 2016. Kepada S, Joko menunjukkan sebuah batu merah delima yang disebut-sebut bisa menjadi sarana penggandaan uang.

Korban yang tertarik menanggapi tawaran tersebut. Mereka sepakat melakukan ritual, dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh korban. Yakni, uang USD 16 ribu, dua butir telur angsa, dan kembang setaman.

Proses ritual digelar dengan cara memasukkan uang tersebut ke dalam kardus. Saat korban lengah, pelaku menukar isinya dengan amplop berisi ratusan lembar kuitansi. Tersangka lantas pamit, dengan alasan hendak membuang telur angsa sebagai bagian persyaratan ritual.

“Selesai menjalankan ritual, korban keluar dari kamar dan menghubungi tersangka; tapi nomornya sudah tidak aktif. Lebih terkejut lagi karena setelah membuka kardus, isinya hanya kuitansi,” ungkap Sepuh. (jpg/isk)