Tujuh Pecandu dan Pengedar Ganja Dibekuk

3437

JOGJA— Satuan Reserse Narkoba Polresta Yogyakarta kemarin menangkap tujuh pelaku tindak pidana psikotropika dan obat-obatan terlarang. Mereka ditangkap di sejumlah lokasi berbeda. Beberapa di antaranya, baru saja berpesta narkoba saat malam pergantian tahun 2017.

Kasat Narkoba Polresta Yogyakarta Kompol Sugeng Riyadi kepada wartawan mengatakan, peran pelaku berbeda-beda. Ada yang sebagai pengguna dan pengedar. “Untuk barangnya yang diamankan ganja dan juga pil yarindo atau pil koplo.”

Sugeng menyebut, mereka yang ditangkap pada 1 Januari lalu berjumlah empat pelaku. Tiga pelaku ditangkap dalam satu kesempatan, pukul 06.30, di sebuah rumah kos di kawasan Umbulharjo.

Yakni, Rf dan dua rekannya: Ra dan Ir. Dari ketiganya polisi mengamankan satu tas hitam berisi ganja seberat 8,7 gram, satu telepon genggam, dan tas biru berisi 6 bungkus plastik klip kecil isi ganja dengan total 31,19 gram. Lalu, satu bungkus rokok isi satu linting ganja, dan ganja 1,14 gram dibungkus warna putih.

“Untuk Rf, dia bertindak sebagai pengedar. Kemudian di kamar kos itu, mereka sempat menggunakan ganja dan juga malam harinya saat Tahun Baru, mereka juga memakai di pinggir pantai Parangtritis,” papar Sugeng, mewakili Kapolresta Yogyakarta Kombes Tommy Wibisono.

Setelah penangkapan ketiga pelaku, lanjut Sugeng, di hari yang sama, pihaknya kembali menangkap seorang pengedar ganja, pukul 10.00. Yakni, Ss, pengedar asal Bekasi. Ss diamankan seusai nyekar ke makam leluhurnya di daerah Panggang, Wonosari. (jpg/isk)