UOB Gaet Pasar UKM

53

SEMARANG – PT Bank UOB Indonesia terus meningkatkan pembiayaan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Tengah. Hal ini seiring dengan perkembangan sektor tersebut yang terus menggeliat.

Regional Head Jawa Tengah UOB Indonesia, Bontor Sitio mengatakan, tahun ini pembiayaan sektor UKM tergolong cukup baik. Dari total pembiayaan Rp 7 miliar, sektor UKM memberikan kontribusi sebesar Rp 3 miliar. “Angka ini dibanding tahun lalu mengalami pertumbuhan delapan persen,”ujarnya, kemarin.

Tahun depan pihaknya menargetkan pertumbuhan pembiayaan UKM dapat mencapai 20 persen. Pihaknya optimis target tersebut dapat tercapai, mengingat kondisi ekonomi yang terus membaik.

“Saat ini bunga yang kami tawarkan memang masih double digit dengan kisaran 10 – 12  persen. Tapi ke depan, bila perekonomian terus membaik, bunga yang kami tawarkan juga terus bersaing, bahkan bisa single digit,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka sentra UKM di Semarang guna mendukung pertumbuhan bisnis para pelakunya. Sentra UKM ini merupakan yang kedua. Sebelumnya UOB membuka sentra serupa di Bandung.

Berbagai layanan yang diberikan dalam sentra ini diantaranya perencanaan bisnis dan business coaching, transfer pengetahuan melalui berbagai program workshops, pembangunan jaringan bisnis termasuk dengan asosiasi industri dan organisasi pemerintah, menyediakan jurnal industri serta fasilitas digital dan mendirikan ekosistem digital untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis. “Kelemahan UKM biasanya tidak memiliki jaringan yang cukup untuk memperbesar bisnis mereka. Melalui program ini kami dapat menyambungkan jaringan mereka dengan sesama pelaku, konsumen maupun nasabah kami di luar Semarang,”ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya juga menggandeng Universitas Diponegoro. Selain telah memiliki komunitas UKM, Undip juga dinilai memiliki sejumlah ahli dalam pengembangan UKM. (dna/zal)

BAGIKAN