Truk Terguling, Miras Banjiri Jalur Pantura

46
TERGULING : Truk boks yang membawa ribuan botol miras terguling di jalur Pantura Batang setelah menghindari seorang pengendara sepeda motor. (NURUL FATAH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TERGULING : Truk boks yang membawa ribuan botol miras terguling di jalur Pantura Batang setelah menghindari seorang pengendara sepeda motor. (NURUL FATAH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG-Sebuah truk yang bermuatan puluhan ribu botol minuman keras (miras), Jumat pagi (9/12) kemarin, terguling di jalur Pantura Batang, tepatnya di depan Pasar Batang. Akibatnya, jalur pantura dari arah Semarang menuju Jakarta atau sebaliknya mengalami kemacetan belasan kilometer. Bahkan, muatan berupa miras membanjiri jalur pantura karena botol miras banyak yang pecah.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata, awal sebelum kecelakaan, truk boks tersebut melaju dari arah Semarang menuju Jakarta. Namun tiba-tiba terguling, setelah menghindari sebuah sepeda motor yang menyalip dan membuat sang sopir kaget. “Kondisi lalu lintas jalan masih sepi, karena masih sangat pagi. Mungkin karena menghindari sepeda motor, sopirnya membanting stir hingga truk terguling,” tutur salah seorang warga sekitar.

Salah satu saksi mata, Lukman, mengungkapkan bahwa saat itu selepas Subuh seperti biasa dirinya pergi ke pasar untuk membeli sarapan. Akan tetapi pada saat bersamaan, ada truk boks yang terguling. Untung saja arus lalu lintas belum terlalu ramai, sehingga tidak ada kendaraan lain yang terlibat.

Joko sang sopir mengatakan jika truk boks dengan Nopol B 9459 AC yang dikemudikannya tersebut berangkat dari Semarang menuju Tegal dengan membawa 700 dus atau sebanyak 16 ribu botol miras. Sebelum kejadian, Joko mengemudikan laju kendaraannya tidak begitu kencang, namun tiba-tiba ada sepeda motor yang menyalip.

truk-miras-1_rsz

“Laju kendaraan juga tidak begitu kencang, tapi saya kaget karena ada pengendara sepeda motor yang menyalip. Sehingga untuk menghindari senggolan, saya terpaksa banting stir,” ungkapnya.

Tak disangka, imbuhnya, saat membanting stir ke kanan, justru roda truk naik ke median jalan hingga akhirnya terguling dan melintang di tengah jalur pantura. Muatan yang berupa miras pun berhamburan keluar dari boks truk dan banyak botol yang pecah.

Hal tersebut menyebabkan kemacetan belasan kilometer di jalur pantura, baik dari arah Semarang menuju Jakarta maupun sebaliknya. Sedangkan botol miras yang pecah menyebabkan jalur pantura dibanjiri tumpahan miras jenis AO. Sedangkan warga sekitar yang melihat kecelakaan tersebut, berusaha membantu mengevakuasi muatan berupa miras.

Sementara itu, Kanit Laka Satlantas Polres Batang Iptu R Ade Triken, mengatakan jika pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap sopir truk dan meminta keterangan para saksi mata untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Sedangkan untuk menghindari kemacetan panjang, pihaknya melakukan sistem contra flow dari kedua arah.

“Truk tersebut memuat miras, dari keterangan sementara sang sopir, truk yang dikendarainya terguling setelah menghindari pengendara sepeda motor,” terang Triken. (mg20/ida)

BAGIKAN