Ribuan Warga Galang Tanda Tangan Dukungan

333
DUKUNGAN: Warga ramai-ramai membubuhkan tanda tangan mendukung Gubernur Jateng dalam pembangunan pabrik Semen Indonesia (TRI SUTRISYANINGSIH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DUKUNGAN: Warga ramai-ramai membubuhkan tanda tangan mendukung Gubernur Jateng dalam pembangunan pabrik Semen Indonesia (TRI SUTRISYANINGSIH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DUKUNGAN pembangunan pabrik Semen Indonesia terus bergulir. Tidak hanya datang dari anggota DPR RI dan kalangan pengusaha, tapi juga masyarakat umum. Jumat (9/12) kemarin, ribuan warga Rembang yang tinggal di sekitar pabrik  ramai-ramai membubuhkan tanda tangan di atas bentangan kain putih. Ribuan tanda tangan warga itu sebagai bentuk dukungan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam pembangunan pabrik Semen Indonesia.

Wa’id, warga Tegaldowo, Rembang, mengatakan, penyerahan bukti dukungan itu akan diikuti warga sekitar perusahaan dan para karyawan yang telah bekerja di proyek pabrik Semen Indonesia di Rembang. Ribuan warga sekitar pabrik kembali menegaskan dukungannya terhadap pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang melalui ikrar yang diucapkan bersama, dan tanda tangan di selembar kain putih. ”Warga ingin menunjukkan kepada pemerintah bahwa kehadiran pabrik PT Semen Indonesia menjadi harapan masa depan bagi warga Rembang,” jelas Wa’id.

Wa’id menambahkan, mayoritas desa sekitar pabrik mendukung pendirian pabrik. Hal ini mengingat selama ini keberadaan pabrik telah memberikan banyak manfaat nyata kepada masyarakat sekitar.

Diakui, meski pabrik belum beroperasi, tetapi upaya PT Semen Indonesia untuk memberi program bagi kesejahteraan warga sekitar terus dilakukan. Sedangkan kelompok yang menolak keberadaaan pabrik Semen Indonesia di Rembang, kata dia, kebanyakan bukan warga Rembang. Mayoritas warga sekitar pabrik sangat mendukung pendirian pabrik semen. Sebab, kehadiran pabrik semen dinilai akan meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

”Semua program yang menyentuh kepentingan masyarakat sudah dijalankan oleh Semen Indonesia, mulai pelatihan pertukangan kayu, batu, bantuan ternak, pembangunan rumah layak huni hingga bakti sosial di bidang kesehatan. Semua kegiatan ini menelan biaya hingga miliaran rupiah. Manfaat yang nyata sudah kami rasakan, sehingga kami semua mendukung pabrik Semen Indonesia terus berjalan,” tegasnya.

Sebelumnya, sedikitnya 4.000 warga Rembang tumplekblek di akses masuk lokasi pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Rembang. Mereka menggelar acara tahlil akbar dalam rangka memberikan dukungan moral kepada Semen Indonesia agar tetap beroperasi. Doa bersama dan istighotsah dipimpin oleh Pengurus Forum Silaturahmi Kiai Muda (FSKM) Jawa Tengah, KH Idror Maemun Zubair. (tya/aro/ce1)

BAGIKAN