Mobil Dinas Wali Kota Baru Rp 1,1 M

30

SALATIGA – Wali kota terpilih dalam pilkada 2017 tampaknya bakal mendapatkan banyak fasilitas. Salah satunya adalah mobil dinas baru. Pasalnya, Pemkot Salatiga sudah mengalokasikan anggaran senilai Rp 1,1 miliar pada rancangan APBD 2017 untuk pengadaan dua unit mobil dinas operasional wali kota dan wakil wali kota terpilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017. Jenis mobil dinas yang akan dibeli pada tahun anggaran 2017 adalah sedan.

Kabag Humas Setda Kota Salatiga Sri Satuti mengatakan, usulan pengadaan mobil dinas baru untuk operasional wali kota dan wakil wali kota mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Selain itu, juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah.

Satuti menjelaskan jika usulan pengadaan mobil dinas didasarkan pada kebutuhan operasional wali kota dan wakil wali kota. Dan pengadaan mobil dinas ini untuk menunjang kinerja wali kota dan wakil wali kota.

Sementara itu, Kabag Umum Setda Kota Salatiga Adi Setiarso menyatakan, usulan pengadaan mobil dinas operasional wali kota dan wakil wali kota baru didasarkan pada hasil rapat dan pengajuan usulan juga sesuai dengan dengan regulasi.

Menurut dia, jabatan wali kota mendapat jatah dua mobil dinas. Satu unit mobil untuk operasional di lapangan dan satu unit lagi untuk operasional kerja. Adi menjelaskan jika mobil dinas operasional yang lama dibeli dengan sistem lelang terbatas oleh mantan wali kota dan wakil wali kota yang baru saja purnatugas.

Disinggung mengenai mekanisme pengadaan, Adi menjelaskan, pengadaan dilakukan dengan sistem lelang terbuka. Leading sektornya Dinas Pengeloaan Pendapatan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD).  “Pos anggaran pengadaan mobil dinas operasional wali kota dan wakil wali kota berada di DPPKAD. Jadi yang melakukan pengadaan DPPKAD,” tandasnya. (sas/lis)

BAGIKAN