Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda

Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT

59
TINGKATKAN KEAHLIAN : EVP Area Jawa Bali Telkomsel, Ririn Widaryani saat membuka acara IndonesiaNEXT di Grha Sabha Pramana UGM Jogjakarta dengan jumlah registrasi lebih dari 2.000 peserta. (IST)
INGKATKAN KEAHLIAN : EVP Area Jawa Bali Telkomsel, Ririn Widaryani saat membuka acara IndonesiaNEXT di Grha Sabha Pramana UGM Jogjakarta dengan jumlah registrasi lebih dari 2.000 peserta. (IST)

JOGJAKARTA–Generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri bersaing secara global di tingkat internasional. Karena itulah, Telkomsel menggelar IndonesiaNEXT dengan tema Get Inspired, Be The Next. Program sertifikasi ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

EVP Area Jawa Bali Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan bahwa rangkaian program IndonesiaNEXT diadakan di enam perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia. Yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya (25 Oktober), Universitas Sumatera Utara (USU) Medan (14 November), Universitas Indonesia (UI) Depok (17 November), Institut Teknologi Bandung (ITB) (21 November), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar (28 November), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (8 Desember).

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan sesi kreatif. Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini diharapkan membuka wawasan peserta untuk memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global. “Kami gelar IndonesiaNEXT sebagai bentuk tanggung jawab Telkomsel dalam memajukan generasi muda Indonesia serta wadah untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mereka,” katanya.

Sementara itu, sesi kreatif mengulas bidang peminatan yang dipilih oleh peserta pada saat registrasi dilakukan, yang terbagi ke dalam kategori film, kuliner dan pariwisata, fashion, serta teknologi informasi (IT). Materi pada sesi kreatif ini disampaikan oleh para pelaku bisnis di industri kreatif yang relevan dengan masing-masing bidang peminatan.

Para peserta berkesempatan mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi nasional maupun internasional. Peserta yang lulus dari ujian sertifikasi tersebut akan mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Selanjutnya, peserta yang telah melalui tahap seleksi akan memperoleh semakin banyak kesempatan dari berbagai jenis sertifikasi yang telah disediakan sesuai bidang peminatan. Pada tahap akhir, akan dipilih 18 peserta terbaik yang berkesempatan untuk mengikuti short course di perusahaan digital ternama kelas dunia.

“Para mahasiswa yang berminat untuk berpartisipasi dalam program IndonesiaNEXT dapat melakukan registrasi secara online dengan mengakses situs indonesianext.id,” katanya. (ida)

BAGIKAN