Ratusan Rumah Disapu Puting Beliung

94
PORAK PORANDA: Sejumlah rumah di Dukuh Soka kelurahan Sidorejo Lor yang rusak akibat disapu angin puting beliung. (IST)
PORAK PORANDA: Sejumlah rumah di Dukuh Soka kelurahan Sidorejo Lor yang rusak akibat disapu angin puting beliung. (IST)

SALATIGA– Kamis (8/12) menjelang sore, suasana di Dukuh Soka Kelurahan Sidorejo Lor Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga terasa mencekam. Ratusan rumah di RW 07 rusak akibat disapu angin puting beliung.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya beberapa warga mengalami luka ringan karena tertimpa genting. Kerugian material yang ditimbulkan akibat kejadian ini mencapai ratusan juta rupiah.

Selain rumah penduduk, angin puting beliung ini juga memporakporandakan sejumlah sekolah dan masjid. Puluhan pohon besar juga tumbang menimpa kabel listrik dan telepon hingga putus. Ada juga mobil milik warga yang tertimpa pohon di Kantor Pajak Pratama.

Dari pengamatan wartawan di lokasi kejadian, kerusakan parah terjadi di wilayah RT 05 dan RT 06. Beberapa rumah gentingnya nyaris habis karena disapu angin. Kanopi milik warga juga roboh karena tidak kuat menahan kencangnya angin.

Angin puting beliung yang bertiup dalam hitungan menit ini juga merobohkan bengkel las milik Purnomo. Salah seorang pekerja Wicaksono, 40, mengalami luka di bagian tangan akibat tergores besi.

Kerusakan juga dialami sejumlah masjid di wilayah tersebut. Tiga sekolah yang ada di wilayah RW 07 Soka, yaitu SDN Sidorejo Lor 04 dan SMK Muhammadiyah dan TK An Nur juga mengalami kerusakan bagian atap. Genting bangunan banyak yang tersapu angin.

Para guru dibantu puluhan siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah dikerahkan untuk kerja bakti membersihkan ruang sekolah dan mengepel lantai. Mereka juga memindahkan barang-barang elektronik milik sekolah ke lokasi yang aman.

Hingga petang  warga masih bergotong royong memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan. Puluhan personel Polres Salatiga dan Satpol PP dikerahkan untuk membantu warga. Petugas harus menyingkirkan dua pohon sengon yang menimpa rumah warga dengan gergaji mesin. Mereka juga menyingkirkan pepohonan sengon yang tumbang dan melintang di tengah jalan.

Menurut kesaksian Fadhol, 55, warga RT 06 RW 07 Soka, saat kejadian ia bersama istri dan salah seorang anaknya sedang santai di rumah. Tiba-tiba ia mendengar suara gemuruh yang datangnya dari arah depan rumah (selatan). “Mirip angin tornado dan berputar kencang sekali. Saya istri dan anak langsung berlindung di bawah tangga. Tak lama kemudian genting rumah saya berjatuhan,” kata Fadhol saat ditemui di rumahnya. Rumah Fadhol mengalami kerusakan cukup parah karena banyak genting rumah yang hilang disapu angin.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Salatiga Kusumo Aji di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya akan segera menginventarisasi kerusakan akibat puting beliung ini. Dari hasil inventarisasi ini, Satpol akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menentukan langkah selanjutnya. “Akan kami inventarisir dulu jumlah rumah yang rusak dan sebagainya,” ujarnya. (sas/ton)

BAGIKAN