Novotel Pamerkan Rumah Berbahan Cokelat

41
UNIK : Chef Novotel Semarang, Fajar Dwi Saputro, sedang menghias rumah cokelat untuk memeriahkan Hari Natal. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
UNIK : Chef Novotel Semarang, Fajar Dwi Saputro, sedang menghias rumah cokelat untuk memeriahkan Hari Natal. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG-Genger House berbahan coklat yang memiliki diameter dua setengah meter sengaja dibuat di lobi Hotel Novotel Semarang. Untuk memperingati perayan Natal tahun 2016.

Chef Novotel Semarang, Fajar Dwi Saputro mengatakan bahwa Genger House terbuat dari roti coklat yang membentuk sebuah rumah dan dihiasi pernak-penik perayaan Natal. Genger House ini menghabiskan beberapa bahan meliputi 70 kg tepung terigu, 15 kg telur, 20 kg gula halus, coklat 10 kg dan permen sekitar 2 kg. Membutuhkan waktu selama tiga minggu untuk membuatnya dan dikerjakan sebanyak empat orang.

“Untuk membentuk rumah, sengaja menggunakan bahan triplek sebagai rangkanya. Sehingga membutuhkan ketelitian dalam menempelkan roti pada dindingnya. Terkadang roti kurang menempel, akhirnya jatuh dan rotinya hancur,” jelasnya.

Ketahanan Genger House, katanya, diprediksi bertahan selama tiga bulanan dan akan dipamerkan hingga perayaan tahun baru 2017 mendatang. “Kami juga mengeluarkan menu klasik untuk perayaan Natal di Citrus restoran,” ungkapnya.

Menu klasik khas Eropa itu sengaja disuguhkan. Di antaranya Citrus Cheesy Turkey Meatloaf, Turkey Duxelles, Grilled Salmon Cilantro, Grilled Salmon Cilantro, dan Double Beef Steak. “Menu klasik ini biasa disajikan sebelum perayaan hari Natal di Eropa,” kata Public Relations Novotel Hotel Semarang, Maharani Juwita Sasongko.

Dijelaskan, Citrus Cheesy Turkey Meatloaf berbahan dasar daging kalkun yang dicincang dan dioven kemudian dimasak menggunakan bumbu rempah dengan saus tomat. Menu Turkey Duxelles berbahan daging kalkun digiling dan di dalamnya diisi cincang jamur yang dipadukan dengan saus masrom trufle. “Sementara menu Grilled Salmon Cilantro dibuat menggunakan bahan dasar daging salmon yang dimarinasi dengan madu, ketumbar, lemon untuk menghilangkan bau amis. Kemudian dibakar serta dilengkapi dengan saus maple, messpotato dan wortel,” tambahnya. (den/ida)

BAGIKAN