Hilangkan Kesan Negatif Komunitas Otomotif

Lebih Dekat dengan Honda City Club Indonesia Chapter Semarang

80
KOMPAK: Member Honda City Club Indonesia Chapter Semarang bersama keluarga saat kumpul bareng. (DOKUMENTASI HCCI CHAPTER SEMARANG)
KOMPAK: Member Honda City Club Indonesia Chapter Semarang bersama keluarga saat kumpul bareng. (DOKUMENTASI HCCI CHAPTER SEMARANG)

Komunitas otomotif punya cita rasa masing-masing. Tidak terkecuali Honda City Club Indonesia (HCCI) Chapter Semarang. Di komunitas ini, punya segmentasi berbeda dari komunitas lain. Seperti apa?

AJIE MAHENDRA

KARAKTER khas yang disuguhkan HCCI Chapter Semarang tersebut telah menggaet Dwicky Sofyan. Salah satu satu anggota HCCI Chapter Semarang ini menceritakan, langsung kepincut bergabung meski belum punya mobil Honda City.

Awalnya, dia memang mencari informasi seputar komunitas otomotif sebelum membeli mobil. ”Apa City ada komunitasnya? Setelah mencari di berbagai sumber secara online, saya pun menemukan HCCI dan bergabung terlebih dulu. Sesudah saya bergabung, dan menemukan kecocokan antar member dan program kerja,” katanya.

Dari pertimbangan itu, Dwicky masuk klub terlebih dulu dibanding membeli mobil Honda City. Alasannya, karena di komunitas tersebut ada segmentasi yang berbeda dengan beberapa komunitas otomotif lain. Di media sosial, klub ini sangat aktif. Tidak hanya chapter Semarang saja. Beberapa kali pertanyaannya seputar perawatan Honda City dibalas.

”Sehingga saya melihat komunitas ini berbeda, sekelas ketua mau ikut menjaring member baru, padahal sudah ada pengurusnya sendiri yang sama-sama menjawab mention saya dulu. Apalagi member HCCI nasional melibatkan keluarga dalam setiap kegiatannya,” jelasnya.

Banyak suka dan duka yang dialami Dwicky selama bergabung dengan HCCI Chapter Semarang. Di komunitas ini, solidaritas antar member dan masyarakat cukup tinggi. Misalnya, ada salah satu member yang terkena musibah tidak lagi bekerja di perusahaan sebelumnya, antar member yang ada di HCCI turut membantu mencarikan pekerjaan untuk member tersebut.

”Itu salah satu bentuk perhatian kami antar member, satu sakit maka sakit semua. Apalagi member yang ada di HCCI secara menyeluruh semuanya pegawai dan pengusaha, sehingga jika ada satu member yang mengalami kesulitan, maka kita semua akan turun ikut membantu meringakan beban member tersebut,” bebernya.

Selain itu, kata dia, kepedulian antar member ketika ada yang mengikuti ajang kontes mobil, maka semua yang ada di klub tersebut, khususnya untuk chapter Semarang akan ikut mendukung dengan cara mengawal mobil yang diikutkan kontes. Mereka melakukan konvoi hingga lokasi kontes, serta sampai selesai acara tersebut berlangsung.

Dia merasa tidak ada sifat egois yang menonjol di klub. Semuanya dianggap keluarga. Hubungan antar anggota juga saling menghargai. Tidak ada istilah senior-junior.

Member HCCI Chapter Semarang lainnya, Muhammad Wakhid, juga menyatakan hal yang serupa. Dari kacamatanya, komunitas ini mengutamakan kekompakan antar member dan keluarga. Tidak ada istilah sembunyi-sembunyi. Apalagi terkait informasi perawatan Honda City. Utamanya spare part, bengkel, sampai cara perawatan Honda City yang benar.

”Ada lagi hal lain, yakni saya juga bisa mendapatkan link untuk pekerjaan saya, karena di sini latar belakang pekerjaan antar member bervariasi, sehingga bisa menjalin hubungan pekerjaan/ connecting link,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, komunitas yang sudah berumur 11 tahun ini memiliki misi yang sama, yakni menghilangkan kesan negatif komunitas otomotif yang selama ini kental akan kegiatan negatif.

”Di sini kami selalu melakukan berbagai kegiatan positif, mulai touring dengan membawa misi mengenalkan potensi pariwisata. Ada juga kegiatan lain, yang menurut saya sangat positif, seperti bakti sosial, serta mengadakan kegiatan lainnya yang melibatkan masyarakat secara umum,” ujarnya. (*/aro/ce1)

BAGIKAN