FLKM Jangan Jadi Oposisi

46
TERIMA KRITIK: Para pembicara dalam pertemuan Forum Lembaga Komunikasi Masyarakat (FLKM)/Lembaga Komunikasi Mayarakat (LKM) tingkat Kota Salatiga. (IST)
TERIMA KRITIK: Para pembicara dalam pertemuan Forum Lembaga Komunikasi Masyarakat (FLKM)/Lembaga Komunikasi Mayarakat (LKM) tingkat Kota Salatiga. (IST)

SALATIGA -Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Setda Kota Salatiga menyelenggarakan pertemuan Forum Lembaga Komunikasi Masyarakat (FLKM)/Lembaga Komunikasi Mayarakat (LKM) tingkat Kota Salatiga. Pertemuan ini bertujuan untuk persepsi antarmasyarakat dan antara Pemkot dengan masyarakat sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

Kabag Humas Setda Kota Salatiga Sri Satuti menjelaskan, pertemuan telah dilaksanakan selama 2 hari untuk 4 kecamatan. Pertemuan pertama pada Senin (6/12) diikuti perwakilan kelurahan di wilayah kecamatan Argomulyo dan Tingkir. Sehari kemudian giliran Kecamatan Sidorejo dan Sidomukti.

Asisten Administrasi Sekda Kota Salatiga Fakruroji dalam paparannya menguraikan pentingnya sinergitas komunikasi Pemerintah Kota Salatiga dengan FLKM/LKM. Permasalahan di masyarakat sangat kompleks, sehingga perlu penanganan yang lebih cepat. Pada dasarnya masyarakat lebih mengenal dirinya sendiri. “Hal-hal tersebut melatarbelakangi FLKM/LKM. Forum ini merupakan wadah komunikasi yang berbasis masyarakat tingkat akar rumput, sehingga semestinya mampu memberikan gagasan atau ide bagi Pemkot,” jelas dia.

Lebih jauh, Fakruroji berharap agar FLKM benar-benar menempatkan diri sebagai partner pemerintah. “Kebebasan dalam menyampaikan masukan berupa kritik maupun saran mohon tidak disalahtafsirkan. FLKM tidak perlu memosisikan diri sebagai oposisi pemerintah. Ke depan, pemkot akan lebih meningkatkan keterbukaan informasi publik melalui Bagian Humas. Ini merupakan wujud konsistensi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar Fakruroji. (sas/ton)

BAGIKAN