Penumpang KA Diprediksi Naik 6 Persen

48

SEMARANG – Libur Natal dan Tahun Baru 2017, penumpang kereta api (KA) diprediksi mengalami kenaikan sebesar 6 persen.

”Tahun lalu mencapai 4,3 juta penumpang, untuk tahun ini diprediksi akan naik 6 persen menjadi 4,5 juta penumpang,” kata Direktur Keuangan PT KAI Diedik Hartanto di sela pengecekan kesiapan jalur KA lintas utara di Stasiun Tawang, Selasa (6/12).

Mengantisipasi lonjakan penumpang yang biasanya terjadi, KAI sendiri berencana mengoperasikan 328 perjalanan KA reguler dan  28 KA tambahan dengan total kapasitas 212.564 penumpang per hari. ”Kalau total seat-nya naik 11 persen dari tahun lalu yang hanya 190 ribuan penumpang per hari,” ucapnya.

Pengecekan jalur sendiri sebagai tindak antisipasi PT KAI terhadap jalur-jalur rawan banjir dan longsor di lintas utara maupun lintas selatan, mulai dari Jakarta hingga Surabaya di jalur utara dan Bandung hingga Surabaya di jalur selatan, menggunakan kereta khusus atau kereta inspeksi. ”Sementara untuk lintas utara hingga Semarang aman, pengecekan ini untuk memantau titik longsor ataupun banjir. Namun dari tiap Daerah operasional (Daop) juga sudah mempersiapkan alat material untuk siaga, jika memang terjadi banjir dan longsor,” katanya.

Terpisah, Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Andika Tri Purtanto menjelaskan, untuk wilayah Daop 4 disiagakan 2 KA tambahan dan 2 transit yakni Argo Muria tambahan dengan 6 rangkaian gerbong, Menoreh tambahan 8 gerbong dan dua KA transit yakni Kartajaya tambahan dan Malang tambahan masing-masing 16 gerbong. ”Kenaikannya 6 persen dengan tujuan Jakarta dan Bandung,” katanya.

Titik banjir ataupun longsor di Daop 4 sendiri sudah diantisipasi dengan menyiagakan pasukan serta melakukan pengecekan ulang di 12 jalur rawan banjir. Terkait penjualan tiket, telah full okupansi untuk keberangkatan 21 dan 22, serta 29 dan 30 Desember. ”Titik banjir ada di Tegal-Larangan, Surodadi-Larangan, Surodadi-Pemalang, Patrukan-Comal, Patarukan-Pemalang, Kuripan-Ujungnegoro, Ujungnegoro-Batang, Krengseng-Plabuhan, Pelabuhan-Kuripan, Tawang-Alastua, Jrakah-Mangkang, dan Mangkang-Kaliwungu,” tandasnya. (den/zal/ce1)

BAGIKAN