KPU Fasilitasi Kampanye Paslon

54

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang akan terus memfasilitasi kampanye bagi keempat pasangan calon pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017. Mulai dari fasilitas, alat peraga kampanye (APK) berupa baliho, umbul-umbul dan spanduk. Dan bahan kampanye berupa leaflet, pamflet, poster, serta brosur. Selain itu, KPU juga akan memfasilitasi acara debat kandidat dan iklan di media massa, baik cetak maupun elektronik.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto. “Terkait kampanye, memang ada yang difasilitasi negara oleh KPU, berupa APK, bahan kampanye hingga iklan di media. Bahan kampanye juga boleh memperbanyak sendiri oleh paslon dengan biasa sendiri,” ucapnya saat ditemui di kantor KPU Batang, Selasa (6/12).

Namun dengan aturan, APK paslon hanya boleh diperbanyak maksimal 150 persen dari yang dibuat KPU. Adapun ukuran dan desain harus sesuai persetujuan KPU. Massa kampanye resmi juga baru akan dilaksanakan 29 Januari sampai 11 Februari 2017. Sehingga memang calon tidak boleh kampanye di media massa.

Sementara itu, ditambahkan Adi, dari hasil rekapitulasi PPK se-Kabupaten Batang, saat ini tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 597.025 pemilih. Dengan rincian, laki-laki sejumlah 297.261 pemilih dan perempuan 299.809 pemilih.

“Jumlah DPT berkurang dibanding dengan jumlah DPS. Setelah dilakukan pencocokan, terdapat 12.278 pemilih yang tidak sah. Hal itu terjadi karena pemilih ada yang meninggal dunia, pindah alamat, nama ganda, nama tak dikenal dan ada yang menjadi anggota TNI maupun Polri. Namun seiring berkurangnya jumlah DPS, tercatat adanya penambahan pemilih baru sejumlah 5.938 pemilih,” ungkapnya.

Yang mana, dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diumumkan pada 30 Oktober tercatat 603.365 pemilih. Dengan rincian laki-laki 300.347 pemilih, perempuan 303.018 pemilih. Namun setelah dicocokkan, jumlah DPT menjadi 597.025 pemilih saja. (han/ric)

BAGIKAN