Kota Semarang Raih Tiga Penghargaan

50
KOTA TERBAIK: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan piagam penghargaan kota terbaik dalam peningkatan pengguna angkutan umum kepada Kepala Dishubkominfo, Agus Hermunanto. (ISTIMEWA)
KOTA TERBAIK: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan piagam penghargaan kota terbaik dalam peningkatan pengguna angkutan umum kepada Kepala Dishubkominfo, Agus Hermunanto. (ISTIMEWA)

SEMARANGMengakhiri 2016, berbagai penghargaan berskala regional maupun nasional berhasil diraih Kota Semarang. Yang terbaru, Kota Semarang berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pariwisata sebagai 10 kota tertinggi indeks pariwisata Indonesia. Penghargaan diserahkan dalam Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata, Selasa (6/12) kemarin. Kesepuluh kota dengan peringkat tinggi tersebut adalah Kota Denpasar, Kota Surabaya, Kota Batam, Kabupaten Sleman, Kota Semarang, Kabupaten Badung, Kota Bandung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bantul.

Tak hanya itu, Kota Semarang juga berhasil menyabet penghargaan kota terbaik Peningkatan Pengguna Angkutan Umum IRSA 2016. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Kepala Dinas Perhubungan, Agus Hermunanto. Penyerahan penghargaan dilakukan di Grand Ballroom, Hotel JW Marriott, Selasa (6/12). Kota Semarang berhasil mengalahkan 4 finalis lainnya yang masuk pada kategori yang sama, yakni Kota Bogor, Kota Tangerang Selatan, Kota Surabaya, dan Jakarta Pusat.

Dengan diterimanya penghargaan ini, Kota Semarang dinilai berhasil mendorong penggunaan sarana transportasi umum berupa BRT Trans Semarang. Tercatat, pada 2015 BRT telah mengangkut 8.023.869 penumpang atau meningkat 38,6 persen dibanding 2014.

Selain itu, Kota Semarang juga dinilai berhasil melakukan penataan dan penyediaan fasilitas yang baik bagi pejalan kaki dengan membangun konsep citywalk di tengah kota, serta melakukan pengaturan lalu lintas melalui video surveillance dengan menggunakan ATCS untuk mengatur pengguna jalan tertib berkendara.

Penghargaan lain juga diberikan atas kerja keras Pemkot Semarang. Kali ini, Wali Kota Semarang terpilih menerima penghargaan Jawa Tengah Naik Kelas 2016, yang diserahkan Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Senin (5/12) lalu, yang diterima oleh Asisten Administrasi Informasi dan Kerjasama Tommy Y Said. Penghargaan ini diberikan atas dasar keberhasilan finansial, fisik, revolusi mental, dan sumber daya manusia sehingga pemerintahan dan masyarakatnya kuat. Selain itu, Kota Semarang juga dinilai berhasil membuat terobosan untuk menampung aspirasi masyarakat.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan, sederet penghargaan itu hendaknya menjadi motivasi kepada seluruh aparatur pemerintah Kota Semarang untuk terus berinovasi agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan hebat.

”Saya bersyukur kerja keras teman-teman SKPD diapresiasi oleh berbagai pihak, namun yang lebih penting, berbagai penghargaan ini semakin memperkuat komitmen kita untuk bekerja lebih keras lagi agar pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat semakin baik dan memuaskan masyarakat,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi. (zal/aro/ce1)

BAGIKAN