Genjot Keterampilan dan Kualitas Anjing Ras

47

SEMARANG – Ratusan anjing ras dari berbagai jenis siap mengikuti lomba International Dog Show Wali Kota Cup, Sabtu (10/12) dan Minggu (11/12) mendatang di Balairung Ballroom UTC Hotel, Semarang. Anjing-anjing ini akan diuji keterampilan dan kualitasnya di dua kategori yakni agility dan dog show yang dibagi tiga kelas. Yakni baby, dewasa dan ketangkasan.

Ketua panitia acara International Dog Show Wali Kota Cup 2016, Sugiarto mengatakan dua kategori yang dilombakan tersebut meliputi ketangkasan bagi anjing untuk melintasi rintangan dalam kategori agility dan anatomi anjing ras berupa gigi, bulu, fisik, kesehatan anjing ras itu sendiri dalam kategori cacig and cag.

”Sesuai jenis dan fungsinya, ada anjing yang memang punya ketangkasan dan kelincahan untuk melewati rintangan, seperti Syberian Huskey, Afgan Hound, Malaut Alaska.  Ada pula jenis anjing yang fokus ke fashion yakni Chow-chow dan Chihuahua,” katanya saat jumpa pers, di Kongkow Cafe UTC Hotel Semarang, Selasa (6/12).

Agenda tahunan Perkumpukan Kinologi (Perkin) Jateng ini, diselenggarakan sebagai barometer perkembangan anjing ras yang kian berkembang dan meningkatkan kualitas serta mutu anjing ras itu sendiri. ”Adanya lomba ini untuk mewadahi pencinta anjing ras, sekaligus memberikan edukasi perawatan anjing yang benar dan kegunaan anjing di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Perkin Jateng, Teguh Hirtanto menjelaskan dengan mengikuti lomba bertaraf internasional, anjing-anjing ras yang ada di Semarang ataupun Jateng akan mengangkat harga jual dari anjing itu sendiri ataupun peranakannya karena kualitas dan ketangkasan yang dimiliki anjing tersebut diakui dengan adanya sertifikat dan trofi. ”Anjing ras bisa mencapai harga ratusan juta rupiah, untuk peranakannya sendiri paling murah Rp 25 juta jika memang kualitasnya bagus,” tambahnya. (den/ric/ce1)

BAGIKAN