Tanam 1.688 Pohon Jati dan Mahoni

77
PEDULI LINGKUNGAN: Kades Bulusari, Kecamatan Sayung, Mat Syakir bersama TNI dari Koramil 11 Sayung menanam pohon di depan Balai Desa Bulusari, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
PEDULI LINGKUNGAN: Kades Bulusari, Kecamatan Sayung, Mat Syakir bersama TNI dari Koramil 11 Sayung menanam pohon di depan Balai Desa Bulusari, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

DEMAK– Sebanyak 1.688 bibit tanaman jati dan mahoni kemarin ditanam di Desa Bulusari, Kecamatan Sayung. Penanaman yang dilakukan  Koramil 11 Sayung Kodim 0716 Demak ini dipusatkan di enam titik dengan menggandeng pemerintah desa dan pihak sekolah. Selain ditanam di Desa Bulusari, juga ditanam di area SMPN 1 Sayung, Desa Sidogemah, Desa Bedono, Desa Banjarsari, dan Desa Sayung.

Danramil Sayung Kapten Inf Mulyadi menuturkan, penanaman pohon tersebut melaksanakan perintah atasan guna menggalakkan penghijauan di wilayah desa untuk menekan pemanasan global, khususnya di area pantura dan sekitarnya.

Disisi lain, kata Mulyadi, wilayah Kecamatan Sayung termasuk jalur Pantura yang makin lama tanahnya tandus juga gersang dan banyak pepohonan yang rusak atau mati akibat terdampak abrasi.

Senada disampaikan Muhammad Faizin Sekretaris BPD Desa Bedono. Pihaknya berharap agar semua elemen masyarakat bersatu padu dapat peduli dengan lingkungan dengan menanam pohon di wilayah masing – masing. “Langkah TNI dan stakeholder di wilayah Kecamatan Sayung dalam penghijauan ini  harus kita dukung bersama – sama. Ini agar daerah Sayung ijo royo royo gemah ripah loh jinawi terwujud kembali,” katanya.

Kepala Desa Bulusari Mat Syakir menyampaikan apresiasi kepada pihak TNI yang telah turut serta peduli terhadap lingkungan di desa yang ia pimpin.“Kami atas nama warga hanya dapat mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kiprah dari pihak TNI yang sudi peduli terhadap lingkungan didesa kami,” ujarnya.

Usai penanaman ini, imbuh Syakir, Pihaknya selaku pemangku wilayah Desa Bulusari akan terus menggalakkan penghijauan di desanya, dan rencana juga akan menjaga lingkungan dengan mengadakan gotong royong bersih lingkungan tiap minggunya. (hib/zal)

BAGIKAN