Permen Jari Tak Mengandung Narkoba

64
Brigjen Pol Tri Agus Heru
Brigjen Pol Tri Agus Heru

“Dari uji petik laboratorium yang dilakukan oleh Balai Uji Laboratorium Narkoba BNN ternyata tidak ditemukan kandungan narkotika pada Permen Jari.”

Brigjen Pol Tri Agus Heru
Kepala BNNP Jateng

SEMARANG- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Semarang memastikan Permen Jari yang diduga mengandung narkoba tidak terbukti kebenarannya. Hal ini sekaligus menanggapi berita yang dimuat radarsemarang.com edisi 16 Oktober 2016 lalu berjudul “Permen Jari Diduga mengandung Narkoba, Disdik Surati Kepala Sekolah.”

“Hasil uji laboratorium tentang Permen Jari itu sudah keluar, dan hasilnya negatif. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi resah terhadap peredaran permen jari yang diduga mengandung narkotika itu,” terang Kepala BPOM Semarang, Endang Pudjiwati.

Berdasarkan hasil laboratorium dari Badan Narkotika Nasional (BNN) terhadap sampel Permen Jari, terbukti bahwa permen tersebut tidak mengandung sejenis obat-obatan terlarang. Selain itu, PT Rizki Abadi Jaya Anugerah telah mengantongi izin impor Permen Jari secara legal atau resmi. Bahkan, sudah memiliki nomor registrasi yang dikeluarkan oleh BPOM RI.

Endang menegaskan, Permen Jari telah mengantongi legalitas dari lembaganya. Sehingga peredaran permen berbentuk panjang warna-warni mirip jari itu legal. Permen Jari, menurut Endang, layak dikonsumsi anak SD maupun segala usia.

“Karena itu punya izin dari BPOM bernomor registrasi ML 824409085492,” bebernya.

Karena itu, Endang meminta masyarakat Semarang tak perlu khawatir lagi dengan peredaran Permen Jari. Semua anak boleh makan permen tersebut.

Terpisah, BNNP Jateng juga memastikan Permen Jari sama sekali tak mengandung narkoba. Mereka menginformasikan kalau tahap impor Permen Jari dilakukan resmi oleh PT Rizki Abadi Jaya Anugerah dengan nomor registrasi B POM RI ML 824409085492. Dari uji petik laboratorium yang dilakukan oleh Balai Uji Laboratorium Narkoba BNN ternyata tidak ditemukan kandungan narkotika pada Permen Jari.

Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Tri Agus Heru, berharap agar masyarakat tidak lagi resah terhadap pemberitaan Permen Jari. “Yang penting, warga harus tetap waspada terhadap ancaman narkotika yang saat ini muncul dalam berbagai bentuk dan jenis,” katanya.

Dr Roely Panggabean SH, MH, pengacara Agus Wiediyanto selaku distributor Permen Jari melayangkan surat somasi atas pemberitaaan radarsemarang.com berjudul “Permen Jari Diduga mengandung Narkoba, Disdik Surati Kepala Sekolah” tersebut. Surat somasi pertama bernomor 277/Som/RP/XII/2016 tertanggal 5 Desember 2016 itu diterima redaksi radarsemarang.com Selasa (6/12) sore.

Roely menilai akibat dari pemberitaan tersebut telah membuat pandangan masyarakat terhadap Permen Jari menjadi buruk dan timbul rasa ketakutan untuk mengonsumsi Permen Jari. Bahkan telah menjadi pembicaraan di berbagai media dan instansi-instansi pemerintahan di Indonesia.

“Sehingga klien kami telah mengalami kerugian baik secara materil dan imateril,” paparnya dalam surat somasi sebanyak 3 lembar tersebut.

Dijelaskan, jika Permen Jari telah memiliki izin Badan POM RI dengan Nomor Pendaftaran Pangan: BPOM RI ML 824409085492 sebagaimana terbitnya Surat Persetujuan Pendaftaran Pangan Olahan No.PN.06.06.51.02.16.9133.PKPE/ML/0325 tertanggal 16 Februari 2016.

Selain itu, lanjut dia, Permen Jari telah dilakukan Uji Narkotika/Psikotropika di Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dan telah dikeluarkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan dengan Nomor Pemeriksaan: 703/LF/X/2016 dengan hasil Uji Narkotika dan hasil Uji Psikotropika adalah negatif.

Ditambahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan BOM) juga telah menerbitkan penjelasan Badan POM terkait Hasil Pemeriksaan Produk Permen Jari tertanggal 14 Oktober 2016, yang isinya menjelaskan bahwa Produk Permen Jari tidak terdeteksi mengandung narkoba.

“Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia juga telah melakukan klarifikasi pemberitaan terkait Permen Jari Nomor: B/PR-81/X/2016/HUMAS tertanggal 17 Oktober 2016,” ujar advokat, pengacara dan konsultan HAKI dari Kantor Hukum Dr Roely Panggabean SH MH & Rekan yang berkantor di Jalan Veteran No 14 Bandung ini. (aro)

 

BAGIKAN