BCA Sumbang Mahasiswa Undip Rp 500 Juta

54
PEDULI PENDIDIKAN: BCA secara simbolis memberikan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa Undip Semarang, beberapa waktu lalu. (IST )
PEDULI PENDIDIKAN: BCA secara simbolis memberikan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa Undip Semarang, beberapa waktu lalu. (IST )

SEMARANG –  PT Bank Central Asia Tbk (BCA), menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia. Bank terbesar di Indonesia ini baru-baru ini memberikan sumbangan Rp 500 juta bagi mahasiswa berprestasi di Universitas Diponegoro (Undip).

Sebelumnya, pemberian besiswa Bakti BCA juga diberikan kepada beberapa universitas diantaranya Universitas Udayana, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sriwijaya, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Gadjah Mada. “Pemberian beasiswa ini adalah salah satu bentuk kontribusi nyata perusahaan untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia,” kata Kepala Operasi Cabang BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Semarang Sukarsono Sukarso, kemarin.

Menurut Sukarsono dengan mengembangkan dunia pendidikan, akan ada peningkatan sumber daya manusia di Indonesia, dalam bentuk pemberian bantuan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi yang memerlukan dukungan finansial untuk dapat secara optimal menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya Universitas Diponegoro. “Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang perlu ditingkatkan sumber dayanya untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menantan. Terlebih mereka akan bersaing dengan lulusan universitas dari negara lainnya,” paparnya.

Dirinya menerangkan jika program beasiswa Bakti BCA sudah hadir sejak tahun 1999 sebagai bentuk dukungan BCA terhadap mahasiswa berprestasi yang membutuhkan dukungan secara finansial untuk melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya. Tercatat pada tahun 2014 dana dialokasikan untuk program Beasiswa Bakti BCA senilai Rp3,8 miliar dan diserahkan kepada 16 perguruan tinggi negeri. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 4,1 miliar pada tahun 2015 dan terus ditingkatkan kembali pada tahun 2016 ini yaitu Rp4,25 miliar. “Adapun jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa pada periode tahun ajaran 2014/2015 adalah sebanyak 481 mahasiswa, 554 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2015/2016, serta 588 mahasiswa untuk periode tahun ajaran 2016/2017,” ungkapnya.

Selain memberikan beasiswa, secara aktif pihak perusahaan juga melengkapi mahasiswa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi, hingga nantinya pada saat akan memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, para penerima beasiswa dari Universitas Diponegoro juga berkesempatan untuk mendapatkan pembekalan langsung dari manajemen BCA.  “Bulan Mei lalu, dilangsungkan pelatihan oleh Founder & Direktur Unison Outbound Training, Narendra yang memberikan pembekalan seputar pengetahuan dan keterampilan yang dimulai dari pengenalan diri sendiri dan motivasi akan bagaimana mengelola diri untuk mencapai goal terbaik,” bebernya. (den/smu)

BAGIKAN