Serba Vintage, Buka Kesempatan UMKM

104
BIKIN BETAH: Kesan vintage ditonjolkan di kafe Repoeblic Nongkrong. (Sigit Adrianto/Jawa Pos Radar Semarang)
BIKIN BETAH: Kesan vintage ditonjolkan di kafe Repoeblic Nongkrong. (Sigit Adrianto/Jawa Pos Radar Semarang)

MENIKMATI segelas kopi di Repoeblic Nongkrong akan membawa kita seakan kembali pada masa lampau. Desain kafe ini dibuat vintage, lengkap dengan segala macam benda yang menjadi penghias ruangan. Riri dan kedua owner lainnya memang sengaja membuat kafe ini serasa seperti rumah sendiri bagi pengunjung yang datang.

Gelas belimbing dan lepek kuno digunakan Riri untuk menyajikan kopi yang ada di kafenya. Tidak hanya itu, gelas berbahan seng berwarna hijau juga digunakan untuk menyajikan teh yang ada di kafe ini. ”Selain ingin menonjolkan sisi vintage nya, kami ingin membuat kafe ini memiliki kesan homey bagi para pengunjung. Jadi mereka yang ngopi di sini serasa seperti ngopi di rumah sendiri,” ujarnnya.

Didesain sedemikian rupa dengan gambar monyet sebagai maskot kafe, Riri tidak hanya ingin membuat kafe ini sekedar sebagai tempat nongrong. Ia dan temannya  membuka kesempatan untuk para pelaku UMKM memajang hasil karya mereka di kafe dengan menu utama kopi ini. ”Jadi produk-produk mereka didisplay di sini. Kami menyediakan tempat bagi temen-temen untuk memamerkan hasil mereka. Ada lukisan, baju, dan kursi juga ada,” jelas Riri.

img_8260_rsz

Selain itu, Riri dan kedua temannya, dengan konsep kafe yang lebih luas, juga membuka kafenya untuk tempat pertemuan berbagai komunitas. Repoeblic Nongkrong, diharapkan selain sebagai tempat nongkrong juga bisa  untuk berbagi pengalaman dan ilmu dari para pengunjung. ”Konsepnya pengen orang yang nongkrong mendapatkan sesuatu, istilahnya nongkrong positif,” ujarnya.

Dengan kopi yang nikmat dan tempat yang homey ini, Repoeblic Nongkrong sudah memiliki beberapa pelanggan tetap. Salah satunya  Andi, yang hampir 2-3 kali dalam  seminggu datang untuk meikmati kopi racikan Riri dan teman-temannya. Ia merasa kopi yang ada di Repoeblic Nongkrong memiliki takaran yang pas selain tempatnya memang asik untuk mengerjakan tugas kantor. ”Untuk para pecinta kopi, rasanya masuk. Begitu juga untuk yang hanya sekedar ingin menikmati kopi, istilahnya bukan addict. Selain itu, tempatnya nyaman untuk mengerjakan tugas kantor. Saya sering ke Repoeblic Nongkrong sejak masih ada di Tembalang,” ujarnya. (sga/smu)

BAGIKAN