Body Ringan, Pas Buat Harian dan Adventure

800
Viar Trail Cross X 200 ES (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Viar Trail Cross X 200 ES (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Merebaknya hobi trail adventure atau trabas coba dimanfaatkan oleh perusahaan otomotif lokal, yakni Viar untuk mengeluarkan varian motor penggaruk tanah, Trail Cross X 200 ES. Keluarnya motor trail dengan kisaran harga Rp 28 juta ini, semakin menambah pilihan bagi penghobi adventure.

MARKETING Viar Motor Indonesia, Dwiyanto mengatakan varian motor tersebut bisa digunakan kalangan profesional maupun pemula untuk menjajal olahraga trail adventure. Terlebih Viar Trail Cross X 200 ES memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 115 kilogram sehingga mudah dikendalikan. “Kapasitas mesin motor ini 200 cc dan cocok untuk adventure ataupun harian karena memiliki lampu depan, lampu belakang dan lampu sein,” katanya.

Tenaga dan bobot si pemakai sendiri cenderung pas dan tidak membuat over engine saat melibas tanjakan ataupun jalan beraspal. “Motor ini menggendong mesin 5 speed dengan teknologi mesin SHOC, tenaganya cukup mudah dikendalikan,” tuturnya.

Beralih ke bagian suspensi, Viar Trail Cross X 200 ES telah menggunakan upside down di bagian depan. Sementara peredam kejut bagian belakang menggunakan sistem monoshock yang dipadukan dengan swing arm dengan material yang kuat digunakan harian ataupun offroad. Masih di kaki-kaki, motor ini pun telah mengusung double disc brake di depan dan belakang dengan lebar velg 21 inchi. “Kelincahan dari motor bisa diredam dengan cakram belakang dan depan, belum lagi suspensi telah menggunakan monoshock sehingga tetap nyaman jika digunakan di medan yang berat,” jelasnya.

Tipe tersebut tidak mengesampingkan sistem kenyamanan dan keamanan pengendara. Hal ini sangat diperhatikan oleh pabrikan. Jok bagi rider dibuat minimalis namun memanjang dan pas ketika diduduki. Sementara di bagian kemudi terdapat sebuah protector yang melindungi pengendara ketika terjadi benturan. “Desain headlamp dan indikator kecepatan dibuat minimalis agar mudah dibaca saat berkendara dengan sistem digital di medan offroad ataupun onroad,” paparnya.
Bagian bawah mesin sendiri dilengkapi dengan protector. Sementara bagian samping dilengkapi dengan deltabox agar mesin terlindung. Body di bawah mesin didesain seperti sirip yang terlihat gagah dan sporty yang bertujuan untuk membantu mendinginkan mesin. “Pembuangan knalpot pun dibuat minimalis agar tampilan motor tetap terlihat ramping serta sporty,” ungkapnya.

Menurut Dwiyanto, selain untuk adventure, motor tersebut juga bisa dimodifikasi menjadi kendaraan super moto. Modifikator hanya tinggal mengganti ban trail bawaan pabrikan dengan ban tapak lebar sesuai keinginan dan kebutuhan dalam berkendara. “Motor ini juga bisa disulap jadi kendaraan super moto, tinggal ganti velg dan ban atau di custom sesuai keinginan modifikator,” tutupnya. (den/ric)

BAGIKAN