Usia Harapan Hidup Masyarakat Meningkat

55
MENINGKAT : Bupati Semarang, Mundjirin turut hadir dalam pengukuhan pengurus Komda-LU Kabupaten Semarang di Ungaran, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENINGKAT : Bupati Semarang, Mundjirin turut hadir dalam pengukuhan pengurus Komda-LU Kabupaten Semarang di Ungaran, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

UNGARAN–Usia harapan hidup warga Kabupaten Semarang pada tahun 2016 ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Yakni mencapai 72,4 tahun dan diperkirakan akan meningkat menjadi 74 tahun pada lima tahun ke depan.

“Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri untuk membina warga usia lanjut yang akan meningkat. Namun mereka bisa tetap sejahtera dan berkarya di lingkungan masyarakat,” kata Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda-LU) Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha usai pengukuhan pengurus Komda-LU Kabupaten Semarang periode 2016-2021 di Ungaran, Jumat (2/12) kemarin.

Dikatakan Ngesti, warga lanjut usia diharapkan tetap bisa berkarya. Bahkan masih bisa menjadi panutan bagi warga lainnya. Karenanya, ia mengimbau kepada warga lanjut usia untuk terus menjaga perilaku agar dapat dicontoh warga lainnya. “Kegiatan yang bersifat produktif terutama di bidang ekonomi dapat terus dilakukan agar kesejahteraan para warga lanjut usia dapat meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Dinsosnakertrans Kabupaten Semarang, Sri Rismonowati menjelaskan bahwa peran Komda-LU membantu pimpinan daerah menentukan kebijakan penanganan warga lanjut usia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Data terakhir dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Semarang, jumlah warga lanjut usia usia 60 tahun ke atas tercatat 111.457 jiwa. Sedangkan usia pra lansia 45 tahun sampai 59 tahun sebanyak 189.464 jiwa. “Komda-LU dapat memfasilitasi terselenggaranya taraf kesejahteraan sosial lanjut usia yang lebih baik,” katanya.

Ia juga berharap agar Komda-LU dapat membuka kemudahan bagi warga lanjut usia mengembangkan usaha ekonomi produktif serta perlindungan sosial dan kesehatan. Susunan anggota Komda-LU Kabupaten Semarang periode 2016-2021 diketuai oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha. Selain itu ketua pelaksana dijabat Kepala Bappeda Kabupaten Semarng, Wakil Ketua I Kepala Dinsosnakertrans dan Wakil Ketua II Kabag Kesra Setda Kabupaten Semarang.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan bantuan risiko sosial untuk penyandang masalah kesejahteraan sosial kepada lima warga Kelurahan Sidomulyo Ungaran. Bantuan berupa uang tunai berasal dari APBD Kabupaten Semarang dengan variasi besaran Rp 500 ribu-Rp 1,5 juta sesuai dengan tingkat risiko sosial yang disandang. (ewb/ida)

BAGIKAN