Mulai Nego Pemain Lama

61
BERPELUANG BERTAHAN : Gelandang PSIS M Yunus yang selalu tampil konsisten ketika turun di ajang ISC B, kini menjadi salah satu pemain yang berpeluang besar untuk kembali berkostum PSIS. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERPELUANG BERTAHAN : Gelandang PSIS M Yunus yang selalu tampil konsisten ketika turun di ajang ISC B, kini menjadi salah satu pemain yang berpeluang besar untuk kembali berkostum PSIS. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG–Setelah resmi merekrut head coach Subangkit, kini tim PSIS Semarang akan langsung gerak cepat merekrut pemain yang diproyeksikan bertarung di kancah kompetisi Divisi Utama musim depan.

General Manajer (GM) PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto mengatakan, setelah melakukan penandatanganan kontrak, Rabu (30/11) malam, coach Subangkit langsung melakukan komunikasi dengan head coach PSIS musim lalu, Eko Riyadi serta asisten pelatih Dwi Setiawan dan Budi Cipto.

“Intinya coach Subangkit ingin meminta masukan kepada pelatih lama terkait pemain-pemain lama yang masih layak dipertahankan. Tentunya ini menjadi langkah awal yang baik bagi PSIS,” kata Liluk.

Meski belum mau vulgar menyebutkan nama-nama pemain lama yang akan masuk kamar negosiasi lagi, Liluk mengakui manajemen sudah melakukan pembicaraan secara lisan dengan beberapa punggawa lama.

Dan jika dilihat dari raport permainan pemain PSIS selama turun di Indonesian Soccer Championship (ISC) B kemarin, sekitar 50 persen pemain akan dipertahankan oleh manajemen.

Sebut saja kiper Syaiful Amar yang mampu tampil impresif. Kemudian dua center bek muda M Rio Saputra dan M Tegar Pribadi serta bek sayap Safrudin Tahar yang hingga babak 16 besar ISC B kemarin selalu menjadi langganan starter.

Kemudian di tengah kemungkinan masih ada nama M Yunus, Ahmad Agung, Bayu Andra, Feri Ariawan serta dua winger muda asal Semarang yang namanya mulai naik ke permukaan yaitu Dani Raharjanto dan Jordan Foranda.

Di depan, bomber yang kemarin mengoleksi 14 gol untuk tim berjuluk Mahesa Jenar yaitu Johan Yoga Utama pastinya akan kembali disodorkan kontrak baru. Selain Johan, nama bomber Hari Nur Yulianto juga memberikan kontribusi positif di ISC B kemarin.

“Kami belum bisa menyebutkan nama, namun yang jelas sudah ada pembicaraan dengan beberapa pemain lama. Nantinya semua keputusan ada di tangan pelatih, termasuk nantinya pemain-pemain baru yang juga akan direkrut,” sambung Liluk. Sementara head coach anyar PSIS Subangkit akan langsung mulai bekerja kendati secara efektif kontrak pelatih asal Pasuruan itu baru mulai berjalan pada Januari 2017 mendatang. Selama sebulan ke depan, pelatih yang akrab disapa coach Bangkit itu akan langsung tancap gas berburu pemain.

Yang jelas, coach Bangkit mengatakan, tim Mahesa Jenar tidak akan sembarangan untuk merekrut pemain. ”PSIS punya target promosi, yang jelas pemilihan pemain harus selektif,” sambungnya.

Disinggung mengenai karakter tim yang akan dia bangun, Subangkit mengaku akan memberikan prioritas kepada sejumlah pemain muda. Meski pihaknya juga menginginkan beberapa pemain berpengalaman sebagai penyeimbang tim. “Dalam membangun tim, saya suka dengan pemain muda. Namun sepak bola pada masa sekarang tidak bisa lepas dari speed dan power, mungkin akan ada beberapa pemain senior sebagai penyeimbang tim,” lanjutnya.

Selain melalui proses seleksi, coach Subangkit juga akan mulai menginventarisasi pemain melalui beberapa ajang turnamen tersisa termasuk babak delapan besar ISC B yang akan digelar di Jepara 9-10 Desember 2016 mendatang. “Jujur saya tidak begitu memantau persaingan di ISC B kemarin. Makanya kami akan coba lihat babak delapan besar besok. Termasuk juga akan kami gunakan untuk perburuan pemain,” pungkas coach Bangkit. (bas/ida)

BAGIKAN