SIAPKAN PERUBAHAN: Agus Rudianto bersama perwakilan paguyuban sopir angkot se-Kota Salatiga. (Joko Susanto/Jawa Pos Radar Semarang)
SIAPKAN PERUBAHAN: Agus Rudianto bersama perwakilan paguyuban sopir angkot se-Kota Salatiga. (Joko Susanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SALATIGA – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudi-Dance) memastikan akan mewujudkan 8 langkah perjuangan jika terpilih dalam Pilkada Salatiga pada 15 Februari 2017 mendatang.

”Untuk tujuan prioritas itu akan kami wujudkan dalam 8 misi, yang akan kami laksanakan saat terpilih nantinya,” kata Calon Wakil Wali Kota Salatiga, Dance Ishak Palit.

Di antaranya, lanjut Dance, meningkatkan komitmen daerah dalam memberi rasa aman bagi masyarakat, dan membangun tata kelola pemerintah daerah yang bersih, efektif, demokratis serta tepercaya. Selain itu, kata dia, membangun daerah dengan memperkuat kecamatan dan kelurahan dalam kerangka menumbuhkembangkan perekonomian lokal di Salatiga.

”Kami juga akan memperkuat peran serta pemerintah daerah dalam melaksanakan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan tepercaya,” ujarnya.

Dance juga memastikan, akan meningkatkan mutu pelayanan bidang pendidikan dasar, kesehatan, perumahan dan infrastruktur. Di samping itu, meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku ekonomi dengan memajukan dan membangkitkan kapasitas ekonomi masyarakat, serta meningkatkan kemandirian dan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi daerah.

”Yang jelas kami ingin menumbuhkan karakter disiplin, kemandirian, etos kerja, dan sadar tanggung jawab dari warga,” ungkapnya.

Adapun tagline yang diusung salah satunya mewujudkan ’Salatiga Gumregah’. Melihat arti ’gumregah’ yang berarti semangat dan bangkit, sehingga dapat ditafsirkan sebagai momen Salatiga yang menjadikan penyemangat dan kebangkitan pembangunan Salatiga yang lebih baik saat keduanya terpilih.

Makna tersebut, sama dengan penjelasan Calon Wali Kota Salatiga, Agus Rudianto, yang disampaikannya usai menghadiri kunjungan paguyuban angkutan se-Kota Salatiga. Ia menjelaskan makna ”Salatiga Gumregah” adalah Guyub, Maju, Resik, Gayeng dan Amanah.

”Kami ingin melakukan perubahan lebih baik yang muaranya untuk kepentingan rakyat, dan semua akan kami wujudkan saat kami terpilih nantinya,” jelasnya.

Berkaitan masukan-masukan para sopir angkutan kota, Rudi juga berjanji memperjuangkan, sehingga angkutan kota benar-benar bisa bermanfaat untuk rakyat sebagai sarana transportasi. ”Masukan tersebut sementara akan kami tampung. Nanti saat terpilih akan kami wujudkan. Kami juga berpesan para sopir angkutan agar selalu menaati rambu-rambu lalu lintas yang ada,” kata dia.

Sementara itu, perwakilan sopir angkutan kota, Agus Klantung berharap saat Rudi-Dance terpilih bisa memberikan inspirasi demi kelangsungan hidup angkutan kota. Pihaknya juga meminta keduanya bisa membuat terobosan-terobosan yang bermanfaat dan berguna untuk kesejahteraan paguyuban angkutan kota.

”Contoh membuat terobosan anak sekolah wajib menaiki angkutan kota, yang nantinya disikapi dalam bentuk Surat Keputusan (SK) yang ditujukan ke Dinas Pendidikan dilanjutkan ke kepala-kepala sekolah se-Kota Salatiga untuk diteruskan ke para pelajar,” kata Agus yang tercatat sebagai warga Tamansari, Kota Salatiga ini. (jks/aro/ce1)