Tangki Pertamina Meledak saat Diperbaiki, Dua Montir Tewas, Kaki sampai Putus

626
RUSAK PARAH: Truk tangki Pertamina yang meledak dan kondisi garasi PT Darma Sentana Putra, Jalan Kawasan Industri Terboyo Blok L, Trimulyo, Genuk, yang porak-poranda. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RUSAK PARAH: Truk tangki Pertamina yang meledak dan kondisi garasi PT Darma Sentana Putra, Jalan Kawasan Industri Terboyo Blok L, Trimulyo, Genuk, yang porak-poranda. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sebuah truk tangki Pertamina meledak di garasi PT Darma Sentana Putra, Jalan Kawasan Industri Terboyo Blok L No 5 RT 04 RW 03, Kelurahan Trimulyo, Genuk, Rabu (9/11) sekitar pukul 01.30 kemarin. Kejadian ini mengakibatkan dua orang montir tewas, yakni Rofik alias Gedung, 34, dan Priyadi Setiawan, 34, keduanya warga Genuksari, Genuk. Rofik tewas seketika di lokasi kejadian dengan kaki putus dan luka bakar di sekujur tubuhnya. Sedangkan Priyadi tewas setelah mendapat perawatan di RSI Sultan Agung.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang menyebutkan, peristiwa tragis itu bermula ketika kedua korban sedang berada di atas truk tangki BBM Pertamina bernomor polisi L 9722 UO. Saat itu, keduanya bermaksud memperbaiki tangki tanpa muatan tersebut. Namun tiba-tiba saja truk berkapasitas 32 kilo liter tersebut meledak hingga keduanya terlempar dan mengalami luka parah.

”Sempat melihat dua orang itu (korban) di atas tangki. Sedang apa, saya kurang tahu. Mungkin mereka lagi benerin apa atau mungkin ada yang rusak. Tiba-tiba kok meledak,” ujar saksi mata Muchid kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (9/11).

Hal sama diungkapkan saksi lain, Wartijan, warga Tembalang. Ketika melintas di lokasi, ia sempat melihat dua orang di atas truk tangki yang meledak tersebut. Saat itu, ia hendak pergi memancing di tambak tak jauh dari lokasi kejadian.

”Saya sempat melihat ada dua orang. Tapi saya gak kenal, cuma lihat saja. Tujuan saya hendak mancing ikan,” katanya.

Tak berapa lama di lokasi pemancingan, Wartijan dikejutkan suara ledakan keras menyerupai bom. Dia yang penasaran dengan suara ledakan itu, bergegas menuju sumber suara ledakan tersebut.

”Ledakannya sekitar pukul 01.30-an. Waktu itu, saya sedang mancing. Tiba-tiba mak bleng. Suaranya keras banget, saya sampai kaget. Lalu saya mencari asal suara itu, ternyata tangki BBM meledak,” jelasnya.