Komunitas Lovebird Indonesia Korwil Ungaran, Semarang dan Ambarawa (USA): Selektif Pilih Anggota, Utamakan Kualitas Hasil Ternak

1478
KOPDAR: Puluhan anggota Komunitas Lovebird Indonesia Korwil USA saat kopi darat beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)
KOPDAR: Puluhan anggota Komunitas Lovebird Indonesia Korwil USA saat kopi darat beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

Ratusan pencinta burung Lovebird tergabung dalam Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Korwil Ungaran, Semarang dan Ambarawa (USA). Mereka tak hanya rutin kopdar, tapi juga saling mengedukasi cara perawatan yang tepat untuk jenis burung ini. Seperti apa?

NURUL PRATIDINA

WARNA-warni bulu ditambah suara khas si Lovebird, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para penghobi burung jenis ini. Tak heran, jika banyak yang kepincut dengan burung lincah ini. Sejumlah komunitas pun bermunculan untuk mewadahi para penggemar Lovebird. Di antaranya, Komunitas Lovebird Indonesia Korwil Ungaran, Semarang dan Ambarawa atau disingkat KLI USA.

”Pusat kami di Jakarta, tapi di masing-masing daerah sudah ada koordinator. Salah satunya ya KLI USA yang mencakup wilayah Ungaran, Semarang, dan Ambarawa,” jelas Ketua KLI USA, Fatir Bonsano, kepada Jawa Pos Radar Semarang.

KLI USA resmi berdiri pada 2010 lalu. Saat ini anggota yang tergabung dalam grup jejaring sosial Facebook mencapai lebih dari 1.900 orang. Namun untuk anggota yang resmi bergabung sekitar 100 orang.

”Anggota resmi ini adalah anggota yang beternak Lovebird dengan menggunakan ring berlogo KLI H,” bebernya.

Pencantuman ring tersebut memiliki tujuan untuk membedakan dengan KLI di korwil lain. Setiap peternak Lovebird dengan ring KLI H memiliki kode yang berbeda-beda. Sesuai dengan nomor urut dan nama masing-masing.