Demak jadi Gudang Sabu, BNN Sita 67 Kg Sabu dari 5 Tersangka Sindikat Narkoba Internasional

840
Deputi Penindakan BNN Irjen Pol Arman Depari bersama Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo menunjukkan barang sabu-sabu hasil tangkapan dari Yulianto tersangka utama warga Desa Kalisari, Kecamatan Sayung Demak. (wahibpribadi)
Deputi Penindakan BNN Irjen Pol Arman Depari bersama Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo menunjukkan barang sabu-sabu hasil tangkapan dari Yulianto tersangka utama warga Desa Kalisari, Kecamatan Sayung Demak. (wahibpribadi)

DEMAK-Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menangkap 5 tersangka sindikat jaringan narkoba internasional. Mereka adalah Yulianto (YT), 43, warga RT 3 RW 3, Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Demak. Kemudian, Wiji (WJ), 42, warga Pati tinggal di Subang, Widianto (WD), 46, warga Rembang tinggal di Jakarta, Totok Erianto (ET), 45, warga Rembang tinggal di Karawang dan Yasmin (YS), 45, warga Bagan Siapi-api, Pekanbaru, Riau, tinggal di Jakarta.

Kelimanya ditangkap dilokasi yang berbeda. Dalam kasus ini, BNN berhasil menyita barang bukti narkoba jenis sabu-sabu total 67 bungkus dengan berat 67 kilogram. Barang tersebut semula disimpan dalam tabung filter air atau penyuling air. Ada 5 filter air masing-masing berkapasitas 13 bungkus sabu. Filter air itu disimpan dan dititipkan dirumah kakak Yulianto, yakni Kasmuri, 45, warga RT 2, RW 3, Desa Kalisari.

Sedangkan, isinya dipindah dan disimpan dirumahnya sendiri. Deputi Penindakan BNN Irjen Pol Arman Depari mengungkapkan, para tersangka ditangkap berkat operasi bersama BNN, Bea Cukai, Polda Jateng, Polres Demak, dan Kodim 0716 Demak. “Kita lakukan penangkapan dan penyitaan barang bukti dengan 5 tersangka,”katanya disela gelar perkara dirumah tersangka Yualianto, Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Demak petang kemarin.

Menurutnya, penangkapan diawali dilakukan diwilayah Tegal, Jateng. Didaerah itu, BNN berhasil menyita 56 bungkus dengan berat 56 kilogram sabu. Dari hasil pengembangan dan keterangan tersangka YT yang ditangkap di Tegal tersebut, akhirnya dapat diketahui sisa sabu-sabu lainnya disimpan dirumahnya di Desa Kalisari, Kecamatan Sayung tersebut.

Dirumah tersangka YT itu ditemukan 11 bungkus atau 11 kilogram sabu yang disimpan dalam tas dan ditaruh dibawah kasur tempat tidur. Karena itu, secara keseluruhan dari rangkaian penangkapan itu ada 67 bungkus atau 67 kilogram sabu. Sebelumnya, sisa tangkapan di Tegal itu sebelumnya dibawa ke Demak dengan diangkut dua mobil. Untuk membantu mengungkap keberadaan barang itu, BNN mengerahkan anjing pelacak.

“Narkoba kualitas bagus (KW 1) ini jenis crystal methamphitamin. Barang ini dikirim dari Negara tetangga kita, yaitu Malaysia. Ini jaringan internasional Thailand-Malaysia-Indonesia,” katanya.