Empat Gadis Kendal Dijual Jadi PSK, di Bandungan dan Surabaya

Budi Santoso Setubuhi Keempat Korban

2141

penjualan-gadis-belia
SEMARANG – Empat gadis belia asal Kendal menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking). Mereka dijadikan pemandu lagu di tempat hiburan karaoke serta dijual ke lokalisasi sebagai pekerja seks komersial (PSK) di Surabaya. Mereka adalah MG, 16; EN, 14, dan SS, 16, dan MR, 20, semuanya warga Kendal.

Kasus perdagangan manusia ini diungkap aparat Sub Direktorat IV Anak-anak dan Wanita (Reknata) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jateng setelah salah satu orang tua korban, MG, melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jateng pada 7 September 2016 lalu. Orang tua MG melapor jika putrinya tidak pulang hingga beberapa hari yang diduga dilarikan orang tak dikenal.

Kejadian ini bermula ketika korban MG sedang menjaga loket di acara pasar malam di Alun-Alun Kendal pada 13 Agustus 2016 lalu. Saat itu, korban bertemu dua tersangka, yakni Hesti Winarsi dan Sulistiono. Ketiganya lalu terlibat sebuah obrolan hingga korban ditawari pekerjaan menjadi seorang pemandu lagu (PL).

Rupanya bujuk rayu pelaku membuat korban tergiur. Selanjutnya pada 16 Agustus 2016 lalu, korban pamit ke luar rumah kepada kedua orang tuanya. Tanpa curiga, orang tua MG pun mengizinkan. Namun tak disangka, MG tidak pulang hingga berhari-hari. Diduga korban telah diajak komplotan ini yang juga telah berhasil merekrut tiga gadis belia lainnya, yakni, EN, SS, dan MR. Saat itu, para korban diajak ke kolam renang di daerah Boja pada 17 Agustus 2016. 

Sampai di lokasi tersebut, korban ditampung di sebuah tempat untuk dijadikan pemandu lagu panggilan di daerah Nglimut. Tak hanya berhenti di situ, empat korban dijemput pelaku lain, yakni Budi Santoso, untuk dibawa ke Bandungan pada 17 Agustus 2016.

Selain dipekerjakan sebagai pemandu lagu panggilan, para korban juga disetubuhi oleh Budi sebelum dijemput pelaku Ngasimin untuk dibawa ke Surabaya. Di Kota Pahlawan, mereka ditampung di Wisma Romantik 2 Jalan Sememi Jaya Gang 2, Surabaya.