Ingin Jadi Guru Fisika

501

PROFESI guru berkontribusi besar dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Di tangan guru pula tercetak pemimpin bangsa yang andal. Profesi itulah yang sejak lama diimpikan oleh Dina Amalina, mahasiswi semester IV Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) ini.

“Sejak SD saya sudah bercita-cita jadi guru. Saya terinspirasi guru-guru saya di sekolah dulu. Selain itu, dengan menjadi guru, akan memberikan manfaat besar kepada masyarakat, karena bisa membagikan ilmu yang saya peroleh di bangku kuliah,” ujar gadis kelahiran Semarang 14 April 1996 ini.

Dina mengaku, cita-citanya itu didukung penuh kedua orang tuanya. Termasuk saat memilih jurusan kependidikan saat masuk bangku perguruan tinggi.

“Saat mau masuk kuliah, sebenarnya awalnya ingin mengambil jurusan pendidikan matematika, namun orang tua menyarankan agar mengambil pendidikan fisika. Dan ternyata di pendidikan fisika juga enak. Lebih enak malahan. Dengan belajar fisika, kita tidak hanya berhitung saja, tapi bisa lebih memahami alam kita secara lebih dalam,” katanya.

Karena keinginannya untuk menjadi guru begitu kuat, Dina pun berencana akan langsung kerja menjadi guru setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya. Sementara untuk melanjutkan studi di jenjang S2, dia berencana akan menyelesaikannya sembari jalan.

“Penginnya langsung kerja setelah lulus nanti. Biar dapat pengalaman jadi guru. Untuk studi lanjut, nanti saja kalau sudah punya penghasilan sendiri. Harapannya pas kuliah S2, saya ingin membiayai sendiri, biar tidak merepotkan orang tua,” ucap sulung dari tiga bersaudara ini. (jpg/aro)

DOKUMEN PRIBADI
Dina Amalina