Sekolah Bagus Butuh Biaya

851

SALATIGA – Kepala SMAN 2 Salatiga Wahyu Tri Astuti menilai, mutu sekolah itu akan bertambah bagus bila ditunjang dengan biaya yang memadai. Seperti peribahasa Jawa yang sudah kesohor jer basuki mowo beyo.

Selama ini bantuan operasional sekolah (BOS) hanya mencukupi 20-30 persen biaya operasional sekolah. Sehingga, menurutnya, sekolah diperbolehkan membuat partnership dengan menggandeng orang tua murid.

“Jadi kami ingin orang tua juga ikut bertanggungjawab dengan program-program sekolah, karena hasilnya nanti juga kembali ke anak didik,” terang Wahyu di sela acara parenting yang dilaksanakan di aula setempat, Sabtu (27/8) lalu.

Menurutnya, acara parenting ini sebagai ajang silaturahmi wali murid dan pihak sekolah, karena tanggungjawab murid tidak hanya menjadi tanggungjawah sekolah saja, namun juga orang tua. “Selama ini banyak juga orang tua yang menyalahkan pihak sekolah. Padahal selama ini siswa paling banyak menghabiskan waktunya di rumah, sehingga dengan parenting ini ikut menyadarkan orang tua,” ujarnya.

Sementara itu, motivator dalam acara tersebut Sunarto Esam menuturkan, anak adalah amanah dari Tuhan sehingga harus dijaga, diarahkan dan diberi pendidikan yang maksimal untuk bekal masa depannya. Anak juga sebagai aset bagi orang tua, sehingga jangan pernah berhitung dalam membiayai sekolah anak.

“Jangan pernah berpikir berapa banyak uang yang sudah kita keluarkan untuk membiayai sekolah anak. Karena itu pertanda tidak ikhlas. Karena kelak jika anak kita sukses dan berhasil, orang tua jelas ikut bahagia dan bangga,” ujar Sunarto di hadapan ratusan wali murid kelas 10. (sas)