Ganjar Pranowo (ISTIMEWA)
Ganjar Pranowo (ISTIMEWA)

MAGELANG – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku siap menaklukkan trek sepanjang 181 kilometer yang disuguhkan  Cycling Gran Fondo Jawa Pos Prambanan, Sabtu (27/8) pagi ini. Dia mengaku sudah mempersiapkan fisik sejak beberapa hari lalu.

”Tadi pagi (kemarin, Red) sudah pemantapan. Nggenjot sepeda agak jauh dari biasanya,” ucapnya ketika ditemui setelah meresmikan Pesta Rakyat dalam rangka Hari Jadi ke-66 Jateng di Alun-Alun Kota Magelang, Jumat (26/8).

Persiapan fisik, dirasa Ganjar sangat penting. Sebab, Jumat tadi malam (26/8), dia harus begadang mengikuti rangkaian gelaran Pesta Rakyat hingga tengah malam. Karena itu, maklum jika ketika mengikuti Cycling Gran Fondo Jawa Pos Prambanan 2016 hari ini, dirinya tidak terlalu ngoyo. ”Nggenjotnya santai saja, tidak ngoyo. Dinikmati,” katanya.

Rencananya, politikus PDIP ini akan mengajak istrinya, Atiqoh Supriyanti. Ganjar mengaku, istrinya juga senang bersepeda. ”Jadi sekalian ikut. Mungkin saya juga tidak bisa sampai finish. Sekuatnya saja,” ujarnya.

Seperti diketahui, event Cycling Gran Fondo Jawa Pos Prambanan 2016 sendiri akan diikuti sebanyak 308 cyclist. Termasuk peserta dari tujuh negara asing. Yakni, Amerika Serikat (AS), Australia, Belgia, Brunei Darussalam, Filipina, Irlandia, dan Selandia Baru.

Rute Gran Fondo Jawa Pos Prambanan yang menempuh jarak 181 km sangat menantang. Melintasi dua provinsi, Jateng dan Jogjakarta. Para cyclist disuguhi rute menantang dengan view yang indah. Start dimulai pukul 06.15 di Alun-Alun Keraton Jogjakarta. Dari titik start, para peserta menempuh 66,3 km menuju pit stop pertama di Pantai Glagah, Kulon Progo. ”Sebelum pit stop pertama ada feeding zone di Km 37,5,” kata Senior Manager PT Jawa Pos Koran Rensi Dewi Bulan.

Pit stop kedua ada di kawasan Waduk Sermo, Kulon Progo. Waduk Sermo yang terletak di Km 103,7 tersebut menampilkan panorama alam yang indah.
Sebelum pit stop ketiga di Balai Desa Sumber Rejo, Sleman, ada feeding zone kedua di Km 125. Finish ada di Candi Prambanan yang berada pada Km 181.
Selama race berlangsung, para peserta mendapat pengamanan dan pengawalan dari Polda Jogjakarta. ”Untuk para peserta, selamat menikmati rute dan harap menjaga stamina agar bisa sampai finish,” kata Rensi. (amh/aro/ce1)