EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG
GERUDUK SATPOL PP : Warga Dusun Kesongo Lor Desa Kesongo Kecamatan Tuntang saat mendatangi kantor Satpol PP, guna menagih janji penutupan ternak ayam yang ada di daerahnya, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Demak butuh anggaran yang cukup. Dukungan dana tersebut sangat diperlukan agar dapat memperlancar pelaksanaan tugas yang diemban tersebut.
Kepala Kesbangpolinmas Pemkab Demak, Taufik Rifai mengatakan, selama ini penganggaran untuk FKDM dan forum lainnya masih menginduk di Kesbangpolinmas. Karena itu, besaran anggaran pun tidak dapat maksimal. “Kami berharap, anggaran untuk FKDM ini bisa lebih memadai,” katanya di sela pembentukan pengurus baru FKDM masa bhakti 2016-2021 di ruang diskusi Kantor Kebangpolinmas, kemarin.
Menurutnya, FKDM sesuai tugas dan fungsinya, di antaranya adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan serta mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam upaya pencegahan sejak dini. “Sedangkan pembentukan pengurus baru FKDM ini sesuai dengan Keputusan Bupati Demak Nomor 300/264 Tahun 2016,” katanya.
Ketua FKDM yang baru, Khoirul Saleh mengatakan bahwa pihaknya berharap anggota FKDM yang diambil dari berbagai elemen masyarakat tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan lebih solid. “Lewat FKDM ini, kami dapat membantu masyarakat mencegah potensi bencana yang kemungkinan terjadi,” ujar Khoirul. (hib/ida)