Berkali-kali Gagal, Raih Penghargaan Best Speaker

Aldani Putri Wijayanti, Peneliti Muda Terbaik Psikologi Nasional

887
Aldani Putri Wijayanti (dokumen pribadi)
Aldani Putri Wijayanti (dokumen pribadi)
Aldani Putri Wijayanti (dokumen pribadi)
Aldani Putri Wijayanti (dokumen pribadi)

Kegagalan demi kegagalan tidak lantas membuat Aldani Putri Wijayanti terpuruk dan menyerah pada keadaan. Ia terus mencoba kesempatan hingga akhirnya pada 2016 ini mendapat penghargaan sebagai Peneliti Muda Terbaik Psikologi Nasional. Seperti apa?

SIGIT ANDRIANTO

DALAM dunia pendidikan, nilai bukan menjadi hal utama bagi gadis asal Riau ini. Ia tidak pernah memasang target khusus dalam menuntut ilmu. Penghargaan riset dan IPK, menurutnya, hanyalah bonus dari kerja kerasnya dalam menuntut ilmu.

Aldani tidak pernah memiliki hobi untuk melihat nilai atau indeks prestasi (IP)-nya berapa? Karena yang dicari Aldani lebih dari sekadar nilai. Aldani mencari suatu pemahaman.

”Saya tidak ingin berhenti belajar dan menjadikan nilai patokan saya berprestasi,” ujar gadis yang mendapat nilai A hampir di semua mata kuliah, kecuali olahraga, dengan IPK 3,98 ini.

Untuk mengasah kemampuan dan menguji pemahamannya, Aldani kerapkali mengikuti perlombaan. Perlombaan, bagi Aldani, adalah cara untuk melihat bagaimana kompetensi dirinya dibandingkan dengan ratusan mahasiswa psikologi terbaik Indonesia, tentunya di luar Universitas Diponegoro (Undip) tempatnya menimba ilmu saat ini.