MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu DEMI INDONESIA : Ratusan pedayung menggelar upacara bendera dalam rangka HUT ke-71 RI di Sungai Elo Kabupaten Magelang, kemarin.
MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu
DEMI INDONESIA : Ratusan pedayung menggelar upacara bendera dalam rangka HUT ke-71 RI di Sungai Elo Kabupaten Magelang, kemarin.
MUNGKID— Sedikitnya 150 pedayung bersama operator arung jeram dan jurnalis menggelar upacara peringatan HUT ke 71 dengan cara yang tidak biasa. Mereka menggelar kegiatan tersebut di Sungai Elo tepatnya di kawasan Mungkid Kabupaten Magelang.
Dalam upacara tersebut para pedayung menaiki 18 perahu. Bendera merah putih dikibarkan di tengah-tengah sungai.
Layaknya upacara pada umumnya, proses ini dipimpin oleh komandan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran sang saka merah putih diiringi lagu Indonesia Raya. Prosesi upacara kemudian dilanjutkan dengan detik-detik proklamasi. Kemudian pembacaan doa untuk para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
”Kami mengapresiasi kegiatan ini. Baru pertama kali kami mengadakan upacara bendera di sungai. Semoga semakin meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme,” kata Jony Hartono salah satu peserta upacara asal Solo.
Pelaksana kegiatan Rohadi mengatakan, selain untuk memperingati HUT ke-71 RI, kegiatan ini juga sebagai wujud cinta tanah air yang bisa mereka tunjukkan. ”Kita juga ingin menunjukkan potensi wisata Kabupaten Magelang berupa adventure,” paparnya. (vie/ton)