Usia Tiga Tahun Setoran Hafalan Sama Ibu

Ahdzif Nambada dan Erira Mahda Ifka, Kakak Beradik Juara MTQ Kudus

465

Ahdzif dan Erira sudah diajarkan oleh orang tuanya tentang Alquran sejak usia tiga tahun. Karena bertempat tinggal di lingkungan pondok pesantren Rohmatul Ummah, Kecamatan Jekulo, keduanya terbiasa dengan mengaji dan memahami Alquran.

Putra dan putri pasangan dari Ahmad Syazali dan Devi Nurhayati ini pada usia empat tahun mulai menghafal Alquran. Ahdzif menceritakan, setiap hari menyetor hafalan kepada ibunya.

Dia menghafal Alquran seusai salat Asar, Maghrib, Isya, dan Subuh. “Saat ini sudah hafal tujuh juz. Juz 1, 2, 3, 4, 5, 29 dan 30,” terang warga RT 4 RW 3, Desa Jekulo, Kecamatan Jekulo, Kudus ini.

Siswa kelas V ini beberapa kali mengikuti MTQ. Tahun lalu mewakili Kudus di tingkat Jawa Tengah. Kala itu Ahdzif mendapatkan juara harapan II. Ke depannya, dia mengikuti lomba MTQ lagi. Selain itu, dia ingin terus belajar dan menambah hafalan. Dia ingin menjadi hafidz.

Sementara adiknya, Erira Mahda Ifka sudah menghafal 10 juz Alquran. Rara juga diajari oleh ibunya Devi Nurhayati. Tak kalah jenakanya dengan kakaknya, saat ditanya terlebih tersenyum selepas itu tertawa. “Sudah hafal 10 juz. Juz 1 sampai 5 dan juz 26-30. Saat ini proses menghafal juz 25,” ucap Rara.