Ingatkan Calon Kades Tidak Money Politic

297

DEMAK- Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 182 desa di wilayah Demak bakal digelar pada Oktober 2016 mendatang. Pemkab pun terus menyosialisasikan larangan yang tidak boleh dilanggar calon kades. Yang paling ditekankan adalah memberikan sesuatu yang berbau money politic.

Asisten 1 Setda, AN Wahyudi menegaskan, sesuai dengan Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kepala Desa (kades), kandidat atau calon kades tidak diperbolehkan memberikan sesuatu yang berbau money politics untuk meraup dukungan suara. Sebab, jika ketahuan, maka hal itu akan berdampak pada calon maupun tim suksesnya, termasuk mendiskualifikasi si calon tersebut. “Intinya, tidak boleh menjanjikan sesuatu yang mengindikasikan untuk memperoleh dukungan dalam,” katanya.

Sementara itu, pembentukan panitia pilkades di setiap desa juga telah selesai dilakukan. Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Pemkab Demak, Edi Suntoro mengatakan, pembentukan panitia pilkades berjalan sesuai yang telah dijadwalkan. “Semua desa sudah selesai membentuk panitia pilkades,”ujar Edi, kemarin.

Seiring dengan itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi di tingkat kecamatan terkait gelaran pilkades tersebut. Tim pemantau pilkades dari kabupaten juga mulai melakukan monitoring untuk memantau tahapan pelaksanaan pilkades yang sedianya digelar Oktober mendatang. (hib/zal)