Prihatin Gigi Anak Sekarang

440
Nunung Setyowati (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)
Nunung Setyowati (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)
Nunung Setyowati (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)
Nunung Setyowati (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)

Kondisi gigi anak – anak saat ini banyak yang memprihatinkan. Tidak sedikit anak yang masih duduk di SD tapi giginya sudah berlubang. Keprihatinan itu selalu disuarakan oleh drg Nunung Setyowati yang bertugas di puskesmas Sidorejo Lor dan klinik gigi Pemkot.

“Orang tua sejak awal harus memperhatikan kesehatan gigi anak. Saat ini, banyak gigi dewasa milik anak-anak yang sudah berlubang,” ujar alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta tahun 1995 tersebut.

Pengalaman Nunung sebagai dokter gigi memang sudah matang. Sejak lulus, ia telah menjalani penugasan di Timor Timur selama tiga tahun. Setelah itu bertugas di klinik di Semarang dan UKSW. Hingga akhirnya diterima PNS pada tahun 2001 dan ditempatkan di puskesmas.

Ia juga pernah mendapatkan jabatan sebagai kepala puskesmas, namun tidak bertahan lama karena ia mengundurkan diri. “Saya cocoknya ya seperti sekarang ini saja, bertugas di puskesmas dan klinik,” jelas istri drg Rudi Wijayanto ini.

Ternyata Nunung juga memiliki keahlian lain yakni menulis. Buktinya, perempuan asli Salatiga ini pernah menyabet gelar juara III nasional saat mengikuti jambore UKS mewakili Jawa Tengah. “Dari penelitian saya, 70 persen anak SD kelas 1, sudah ada karies di giginya,” jelas perempuan kelahiran 3 November 1969 itu. (sas/ton)