Cukup Piawai Bagi Waktu

332
Iruka Danishwara (IST)
Iruka Danishwara (IST)
Iruka Danishwara (IST)
Iruka Danishwara (IST)

MESKI sebagian orang kesulitan membagi waktu beraktivitas, namun tidak bagi Iruka Danishwara. Perempuan yang lahir 12 Agustus 1993 ini, cukup piawai membagi waktu antara kuliah atau bekerja. Bahkan, masih ada rutinitas kegiatan di luar keduanya.

Mahasiswa Universitas Semarang (USM) jurusan Teknologi Pangan ini, melibatkan diri sebagai pekerja sosial di Yayasan Setara tanpa meninggalkan hobinya menulis dan traveling. Bukan sekadar hobi, Iruka yang telah aktif menulis sejak 2010 ini, kini juga mengambil studi D III jurusan Analis Farmasi dan Makanan. ”Karena kuliahnya akademik banget, dari jam 7 pagi sampai petang. Untuk melepas bosan, saya tuangkan dengan menulis,” ucapnya.

Bukan sekadar iseng, kali pertama ia langsung menang saat mengikuti lomba menulis. Hal ini yang membuat spirit menulisnya semakin besar. Kini, anggota Teater Tikar Semarang itu sudah menjadi kontributor di 13 buku antologi dan satu novel berjudul ’Crush Or Crash’ yang diterbitkan oleh Gramedia. Ia juga telah menulis dua naskah teater berjudul ’Adneksa Ruang Cinta’ yang dipentaskan oleh Teater Buih Undip disponsori Bhakti Budaya Djarum Foundation dan ’Mengancam Kenangan’ yang telah dipentaskan oleh Teater Tikar di 4 kota, yakni Purwokerto, Surakarta, Tegal dan Semarang.

Aktor dalam pentas ’Mengancam Kenangan’ ini tidak melupakan liburan setelah rutinitas yang padat dan kesukaannya dalam bidang menulis tersalurkan. ”Terakhir sempat ke Dieng dan Pulau Sempu,” imbuhnya.

Pemilik akun Instagram irukadanish ini selalu menuangkan imajinasinya di blog dan tumblr yang dimilikinya di; mystriplife.blogspot.com dan hutanfiksi.tumblr.com.

Iruka meyakini aktivitasnya di berbagai bidang yang tidak berkaitan dengan studinya, bukan semata-mata untuk kesenangan dan hobi. Melainkan untuk memperluas pengetahuan dan menuntaskan rasa ingin tahunya. ”Apa pun manuvernya, tetap harus kembali pada visi hidup. Siapa pun bisa melakukan sebanyak apa pun hal yang diinginkan, jika bisa mengatur waktu dengan baik dan rapi,” tambahnya. (mg18/ida/ce1)